logo rilis
Australia Sebut Tak Ada Pemenang dalam Perang Dagang AS-Cina
Kontributor
Syahrain F.
03 April 2018, 22:53 WIB
Australia Sebut Tak Ada Pemenang dalam Perang Dagang AS-Cina
Ilustrasi perdagangan Cina-AS. FOTO: Shutterstock/Ian Berry

RILIS.ID, Melbourne— Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan, "Tak ada yang menang dalam perang dagang AS dan Cina. Ini sudah pasti. Oleh karena itu saya mendukung kuat perdagangan bebas dan pasar terbuka," ujar dia.

Turnbull mengatakan pihaknya berharap agar pemerintah Cina dan AS menyelesaikan perselisihan itu dengan berunding.

"Sangat penting bagi kita untuk melindungi perdagangan bebas dan pasar terbuka yang menjadi sumber kemakmuran yang kita miliki di kawasan ini," kata Turnbull.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan Cina mengumumkan bahwa pemerintah akan menerapkan pajak tambahan pada 128 produk yang diimpor dari AS, setelah AS memberlakukan tarif pajak tambahan pada impor baja dan alumunium.

Rencana Cina membalas tarif pajak impor AS tersebut termasuk penambahan pajak 15 persen pada produk impor buah segar dan kering, baja, juga anggur. 

Selain itu, Cina memberi 25 persen pajak tambahan untuk delapan produk lainnya, seperti produk daging babi dan aluminium.

Pemerintah AS pun mengumumkan bakal menerapkan tarif 25 persen bagi produk-produk Cina untuk mengompensasi hambatan yang telah disebabkan kebijakan Cina terhadap perekonomian AS, menurut pernyataan perwakilan perdagangan AS. 

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)