logo rilis

Atasi Mimisan Pada Anak dengan Cara Ini...
Kontributor
Tari Oktaviani
06 Januari 2020, 14:38 WIB
Atasi Mimisan Pada Anak dengan Cara Ini...
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Melihat darah mengalir dari hidung anak membuat kita sebagai orang tua menjadi panik dan ketakutan. Mimisan memang kerap dialami oleh anak-anak. Pada umumnya anak yang berusia 3 hingga 10 tahun lebih rentan mengalami mimisan.

Kenapa anak-anak?. Pasalnya, jaringan sel di hidung anak belum terbentuk sempurna. Belum lagi daya tahan tubuh anak yang kadang naik turun. 

Dilansir dari alodokter.com, mimisan disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya karena kondisi udara yang kering dan kebiasaan mengorek hidung. Kedua hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah halus di dalam hidung pecah, sehingga terjadi pendarahan.

Tak hanya itu saja, membuang ingus terlalu kencang, adanya cedera pada hidung seperti habis terbentur dan penggunaan obat pelega hidung dalam bentuk semprot secara berlebihan juga dapat menimbulkan mimisan.

Selain itu adanya infeksi, alergi dan sinusitis kronis juga bisa menjadi penyebabnya, terutama pada anak-anak.

Lantas bagaimana menanggulangi anak yang tengah mimisan?. Biasanya orang tua akan menyuruh si anak mendongakan wajah ke atas dan menyumpal hidung dengan tisu. Padahal, cara itu sebenarnya tidak boleh dilakukan.

Mendongakan kepala ketika terjadi mimisan justru akan membuat darah masuk ke dalam tenggorokan sehingga justru akan menjadi muntah. Selain itu darah juga rawan masuk ke paru-paru sehingga dikhawatirkan akan menyumbat oksigen. 

Sebaiknya, justru condongkan kepala anak ke depan agar darah keluar. Pencet hidung selama beberapa menit untuk mengurangi pendarahan. 

Anda juga bisa mengompres pangkal hidung anak dengan air dingin untuk mengurangi pendarahan. Lalu cukup tutup saja hidung dengan tisu, bukan disumpal.

Untuk mimisan biasa pada umumnya akan berhenti sendiri 10-15 menit kemudian. Namun ketika lebih dari itu mimisan masih terjadi ditambah adanya gejala lain seperti demam, lesu dan muntah muntah maka baiknya segera dibawa ke dokter ya. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID