logo rilis
Atasi Masalah Gizi Buruk, Kemenkes: Ikan Tuna Solusinya
Kontributor
Ning Triasih
31 Mei 2018, 16:54 WIB
Atasi Masalah Gizi Buruk, Kemenkes: Ikan Tuna Solusinya
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Di Indonesia, masalah gizi buruk merupakan kejadian luar biasa yang masih sulit teratasi. Bantuan medis saja akan kurang optimal jika tak diimbangi dengan pemberian makanan yang bergizi.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ikan tuna bisa menjadi solusi mengatasi masalah gizi buruk di Indonesia. Mengapa ikan tuna?

Seperti yang dikatakan Kemenkes melalui cuitan di akun Twitter resmi @KemenkesRI, Kamis (31/5/2018), ikan tuna memiliki kandungan nutrisi, protein dan omega-3 tinggi.  Menurut Kemenkes, ketiga elemen tersebut sangat bagus untuk mengatasi permasalahan gizi buruk yang masih terjadi di Indonesia.

Tak hanya itu, tuna juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin A, D, B6, B12, serta kaya akan mineral.

Kandungan protein sendiri baik untuk membantu membantu menjaga otot-otot agar tetap kuat. Protein juga baik untuk darah, kulit, rambut dan kuku.

Selain itu, kandungan omega-3 dalam ikan tuna dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Penelitian bahkan telah menunjukkan, daging atau makanan seperti tuna yang mengandung asam lemak omega-3 membantu menjaga tekanan darah agar stabil.

Adapun segudang manfaat mengonsumsi tuna di antaranya menyehatkan jantung, mencegah kanker, meningkatkan fungsi kognitif otak, membatu detoksifikasi, menjaga kesehatan otot, baik untuk kesehatan mata, meningkatkan imunitas dan baik untuk wanita hamil.

Meski tuna banyak manfaatnya, Anda perlu jeli dalam mengolahnya agar tidak membahayakan kesehatan. Pasalnya, tuna juga mengandung suatu jenis asam amino bernama histidin. Jika tak dimasak dengan benar, zat histidin bisa berubah menjadi senyawa beracun atau histamin.

Ikan tuna juga mengandung merkuri. Bagi wanita hamil, disarankan untuk mengonsumsi ikan tuna dalam sehari tidak lebih dari 6 ons, sehingga Anda benar-benar akan merasakan manfaat dari ikan ini mulai dari lemak, daging dan minyak untuk membantu menjaga kesehatan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.


500
komentar (0)