logo rilis
Asyik! Ada Destinasi Pantai di Danau Toba
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
29 Agustus 2018, 09:30 WIB
Asyik! Ada Destinasi Pantai di Danau Toba
Konsep wisata pantai di Danau Toba. FOTO: Dokumentasi Kementerian Pariwisata

RILIS.ID, Jakarta— Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara terus dipercantik untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara, salah satunya dengan menambah destinasi pantai untuk pertama kalinya di wilayah tersebut.

Wisata pantai yang dinamakan Batuhoda itu, rencananya akan di-launching awal September 2018 ini. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro, mengatakan, Batuhoda akan menjadi destinasi wisata pantai terbaru di daerah tersebut.

"Pantai ini belum dibuka untuk umum. Karena kita masih finishing di beberapa bagian. Yang menarik dari pantai ini adalah legenda yang ada di tengah-tengah masyarakat sekitar,” katanya melalui siaran persnya kepada rilis.id, Rabu (29/8/2018).

Dia menjelaskan, masyarakat percaya kalau dahulu ada kuda yang datang dari perairan dan terdampar dan kesepian di kawasan tersebut. 

Kuda itu tak juga mendapatkan pasangan hingga akhirnya diam membatu. Batu tersebut dipercaya berada di pinggiran pantai dan diapit batu-batu lain.

"Dari kisah itu, pantai ini kemudian diberi nama Batuhoda. Yang artinya adalah batu kuda. Kebenarannya kita tidak tahu karena itu legenda. Tapi masyarakat sekitar mempercayai hal tersebut," ujar Ombang.

Menurut Ombang, Pantai Batuhoda adalah milik seorang warga. Namun, pengelolaan pantai ini dikerjasamakan dengan Dinas Pariwisata Samosir.

“Lahannya punya warga. Tetapi dikerjasamakan dengan kita. Termasuk desain dan pengelolaannya itu dari kita. Nantinya kita juga merangkul masyarakat untuk berjualan di sini. Sistemnya bagi hasil. Tapi kulinernya juga ada standar kualitasnya. Karena kita tidak hanya merangkul wisatawan lokal dan nusantara, tetapi juga mancanegara,” paparnya.

Pantai Batuhoda, ungkap Ombang, rencananya dibuat sangat modern. Dirinya tidak ragu memaparkan konsep yang akan diterapkan.

"Akan ada konsep glamcamp. Nanti kita sediakan area camping. Tapi rencananya juga didirikan penginapan. Namun hal ini akan dilakukan sambil berjalan. Jadi pantai ini akan benar-benar lengkap," paparnya.
 

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID