logo rilis
Asprindo Diizinkan Impor Produk Pertanian, Syaratnya...
Kontributor
Fatah H Sidik
31 Mei 2018, 14:39 WIB
Asprindo Diizinkan Impor Produk Pertanian, Syaratnya...
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (tengah), memberikan keterangan pers di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (31/5/2018), usai bertemu perwakilan Asosiasi Pengusaha Bumiputera Indonesia (Asprindo). FOTO: RILIS.ID/Fatah Sidik

RILIS.ID, Jakarta— Asosiasi Pengusaha Bumiputera Indonesia (Asprindo) ingin menjajaki sektor agrobisnis. Karenanya, Ketua Umum Asprindo, Jose Rizal, menemui Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

"Teman-teman Asprindo datang untuk berkontribusi di sektor impor dan ekspor," ujar Menteri Amran, usai audiensi dengan perwakilan Asprindo, beberapa saat lalu.

Namun, tak semua permintaan Asprindo disetujui pembantu Presiden asal Bone ini. "Saya katakan, dorong ekspor," ucapnya.

Kalau memang harus mengimpor, ada beberapa syarat yang diajukan Menteri Amran. "(Menjual dengan) harga yang wajar," katanya.

Komoditas yang diberikan pun terbatas. Di antaranya, bawang putih dan daging.

Sementara untuk ekspor, Menteri Amran mendorong Asprindo menjual ayam, telur, kelapa dalam, jagung, kopi, dan lada ke mancanegara. "Ini jadi prioritas," jelasnya.

Beberapa pasar yang bisa dijajaki, seperti Eropa untuk kelapa dalam dan kopi. Jagung ke Malaysia, Filipina," pungkas jebolan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu.

Editor: Elvi R


500
komentar (0)