logo rilis

ASN Dapat THR, Pengamat: Masyarakat Kecil Tambah Susah
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
24 Mei 2018, 22:06 WIB
ASN Dapat THR, Pengamat: Masyarakat Kecil Tambah Susah
Aparatur sipil negara (ASN). ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Langkah pemerintah memberikan tunjangan hari raya (THR) sekaligus gaji ke-13 kepada aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri dan pensiunan, dinilai bisa berdampak buruk terhadap masyarakat kecil. Sebab, akan mendorong kenaikan harga-harga kebutuhan pokok.

"Harga-harga bakal naik, karena daya belinya PNS semakin tinggi. Nah, ini yang kena dampaknya, kan, masyarakat kecil yang bukan PNS," ujar pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, kepada rilis.id di Jakarta, Kamis (24/5/2018). 

Sementara masyarakat miskin, tambahnya, daya belinya tak mengalami peningkatan. Padahal, masyarakat kecil seharusnya lebih diperhatikan pemerintah. 

"Masyarakat miskin ini, kan, yang mayoritas. Harga-harga naik mengikuti daya beli PNS, tapi daya beli masyarakat non-PNS tidak naik. Kan, jadi kontraproduktif," jelasnya.

Menurut Trubus, para ASN terus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah hingga kini, terutama soal kesejahteraan. Alhasil, mendorong generasi muda terobsesi menjadi ASN.

"Orang-orang kemudian berlomba-lomba untuk jadi PNS. Jadinya, sektor lain yang swasta jadi kekurangan. Karena yang pintar-pintar pada ke PNS," tukasnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)