logo rilis

Asian Para Games, Kemensos Siapkan 5 Ribu Tiket Gratis untuk Disabilitas
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
01 Oktober 2018, 23:59 WIB
Asian Para Games, Kemensos Siapkan 5 Ribu Tiket Gratis untuk Disabilitas
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan tiket gratis Asian Para Games 2018 sebanyak 2.500-5.000 untuk dikelola khusus bagi penyandang disabilitas

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos, Edi Suharto, pihaknya menyalurkan tiket gratis itu sejak acara pembukaan pesta olahraga Asia bagi kaum disabilitas tersebut. 

"Penyaluran tiket gratis ini memang merupakan salah satu tugas kami, Kemensos. Di pembukaan disiapkan kuota 2.500 tiket. Jumlah itu merupakan 10 persen dari tiket yang dijual," katanya di kawasan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (1/10/2018). 

Tiket yang jumlahnya besar, menurut Edi, tetap ada di Inapgoc. Namun, setiap hari di pertandingan ada 5.000 tiket yang diberikan untuk para penyandang disabilitas.

"Karena ini merupakan isu yang sangat sensistif, pendistribusian bisa lebih merata melalui organisasi-organisasi disabilitas. Sehingga, untuk bisa ikut ya harus ikut dulu ke organisasi disabilitas," ujar dia. 

Edi mencontohkan, bila ada 100 yang ingin menonton maka akan diverifikasi terlebih dahulu. Kemudian, Kemensos akan memberikan sesuai permintaan. 

"Di setiap venue ada pendamping relawan dan lainnya. Di APG ini ada 8.000 relawan. Kita telah memberikan ToT kepada para relawan. Ini bagian dari Inapgoc, bagaimana melayani para penyandang disabilitas, karena ada etika-etika tertentu yang harus diketahui oleh para relawan," ulas Edi.

Misalnya, imbuh Edi, para relawan berinteraksi dengan para penyandang disabilitas yang berskursi roda, harus sejajar pandangan mata. 

"Kalau menyentuh tubuhnya, kita harus meminta maaf kepada mereka. Itu salah satu contohnya," imbuhnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)