logo rilis
Asal-usul Motor Chopper, Tunggangan Jokowi di Sukabumi
Kontributor
Ning Triasih
09 April 2018, 14:59 WIB
Asal-usul Motor Chopper, Tunggangan Jokowi di Sukabumi
Presiden Joko Widodo menunggangi motor Chopper. FOTO: Instagram/@pomade_bali

RILIS.ID, Jakarta— Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggangi motor Chopper di Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu (8/4) kemarin tengah menyita perhatian.

Bergaya bak Dilan, Jokowi tampak gagah saat menaiki motor Royal Enfield Bullet 350, hasil modifikasi bengkel Elders Garage dan Kick Ass Chopper yang dibelinya seharga Rp140 juta.

Berbicara soal Chopper, tahukah Anda awal mula kemunculanya, sampai jadi tunggangan yang digemari presiden?

Istilah Chopper pertama kali muncul pada 1960-an di Amerika Serikat. Tren ini lahir usai demam film Easy Riders yang menampilkan dua motor Harley Davidson tipe Pan Head yang dimodifikasi Chopper.

Tapi, jauh sebelum film Easy Riders ada, motor Harley Davidson telah lebih dulu ditunggangi oleh mantan pilot US Air Force.

Chopper sendiri berasal dari kata berbahasa Inggris, chop, pertama kali disebarluaskan oleh geng motor beraliran out law bernama "Hell Angels", di mana salah satu anggotanya yakni mantan penerbang US Air Force.

Adapun sejumlah modifikasi yang kerap dilakukan saat itu di antaranya mengubah desain tangki, spatbor, jok, sampai rangka rasis yang kemudian dikenal dengan chopper.

Namun, untuk mngenali modifikasi secara umum bisa dilihat dari bentuk sudut kemudi yang tampak lebih tinggi dan menjulur ke depan, desain tangki bahan bakar yang minimlais, penggunaan roda belakang lebih besar, jok bertema single seater (hanya bisa diduduki satu orang) dan desain rangka belakang yang merapat.

Selain itu, performa mesin juga umumnya ditingkatkan, footrest ditempatkan di bagian paling depan, serta pemasangan lampu bagian depan berukuran besar.

Dari segi warna, pecinta motor Chopper biasanya menggunakan warna-warna yang tak biasa dan jarang dipakai pabrikan, seperti flat black, shiny metallic, metal flake, hingga glamours glitter.

Setelah demam motor Chopper melanda Amerika, kemudian menjalar ke berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Jepang, hingga Indonesia.

 


500
komentar (0)