logo rilis
AS Tegaskan Tetap Lucuti Nuklir Korut Jelang Dialog Dua Korea
Kontributor
Syahrain F.
08 Januari 2018, 20:46 WIB
AS Tegaskan Tetap Lucuti Nuklir Korut Jelang Dialog Dua Korea
Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley. FOTO: Getty Images/Narinder Nanu

RILIS.ID, New York— Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley, mengatakan, tidak ada perubahan dalam kebijakan AS soal nuklir Korea Utara (Korut). 

Penegasan Haley itu merupakan tanggapan atas pertanyaan publik internasional mengenai rencana dialog antara Korea Selatan (Korsel) dengan Korut yang diagendakan digelar pada pekan ini.

Dalam program "This Week" yang ditayangkan saluran televisi ABC, Haley menyatakan, tahap pertama perundingan langsung dengan Korut adalah penghentian percobaan nuklir oleh Pyongyang

Kendati demikian, Haley memastikan AS terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Korut, dengan catatan, Pyongyang harus terlebih dahulu menyetujui pelucutan senjata nuklir sebelum memulai dialog.

Di tengah rencana dialog Korsel-Korut, Haley justru mengangkat kembali perang urat syaraf antara Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Korut Kim Jong-un soal "tombol" nuklir. Haley bahkan mengancam, nuklir yang berada dalam kendali Trump juga dapat seketika meluluh-lantahkan negara komunis itu.

“Jadi perhatikan kata-kata dan apa yang Anda lakukan. Saya sadar ini membuat orang-orang menjadi tegang, namun kami akan lebih berada dalam bahaya jika tidak melakukan ini,” ujar Haley, kemarin (7/1). seperti dikutip Anadolu Agency.

Dalam pidato tahun barunya, Kim menyatakan bahwa dia memiliki tombol nuklir di atas mejanya yang bisa dia tekan kapanpun dia mau. Selain itu, Kim menegaskan tekanan AS tidak akan membuat negaranya menghentikan program nuklir.

Menanggapi pernyataan tersebut, Trump melalui Twitter menyatakan, dia memiliki tombol nuklir yang lebih besar daripada milik Kim.

“Bisakah seseorang dari orang terdekatnya memberitahunya (Kim) bahwa saya juga memiliki tombol nuklir yang lebih besar dan lebih kuat daripada yang dia miliki? Dan tombol saya berfungsi!" cuit Trump lewat Twitter.


#AS
#KORSEL
#KORUT
#NUKLIR
500
komentar (0)