logo rilis
Arus Barang Pelabuhan Gresik Semester I Lampaui Target
Kontributor
Fatah H Sidik
16 April 2018, 20:25 WIB
Arus Barang Pelabuhan Gresik Semester I Lampaui Target
Containership saat akan berlabuh di salah satu pelabuhan Pelindo. ILUSTRASI: pelindo.go.id

RILIS.ID, Gresik— Arus barang di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, melonjak pada semester I-2018 dengan realisasi 1,36 juta ton. Nilai ini lebih tinggi dibanding periode sama tahun lalu sebesar 1,26 juta ton.

"Peningkatan arus barang ini merupakan kontribusi dari peningkatan bongkar batu bara dan muat pupuk dalam kemasan bag," ujar General Manager Pelindo III Pelabuhan Gresik, Yanto, via siaran pers di Gresik, Jatim, Senin (16/4/2018). Peningkatan itu lebih tinggi dari target yang ditentukan 1,29 juta ton. 

Dengan peningkatan ini, dia memprediksi, realisasi pendapatan usaha Pelindo III di Pelabuhan Gresik triwulan I mencapai target Rp41,8 miliar. "Peningkatan arus barang di Pelabuhan Gresik berkontribusi pada capaian target pendapatan sebesar 111 persen," jelasnya.

"Selain itu, pendapatan dari pengusaha properti tercapai 140 persen dari target. Dan pendapatan rupa-rupa usaha juga tercapai 138 persen dari target," imbuh Yanto.

Capaian target kinerja triwulan I tersebut turut disumbang kontribusi penyelesaian piutang sewa lahan dengan beberapa perusahaan besar.

Di sisi lain, Yanto menambahkan, Pelindo III terus melakukan penataan agar Pelabuhan Gresik semakin produktif. Salah satunya, menata lapangan penumpukan di area dermaga Talud Tegak.

"Kami menyiapkan dana hingga Rp115 miliar lebih untuk berinvestasi di Pelabuhan Gresik, dan sekitar Rp35 miliar akan dikucurkan tahun ini untuk berbagai proyek pengembangan multiyears," tutupnya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)