logo rilis

Apa yang Bakal Dibahas Kim dan Trump? Ini Ulasannya
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
12 Juni 2018, 10:32 WIB
Apa yang Bakal Dibahas Kim dan Trump? Ini Ulasannya
Presiden AS Donald Trump dan Pimpinan Korut Kim Jong Un. FOTO: CNN.

RILIS.ID, Singapura— Preisden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan pertemuan dengan Pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un di Singapura pada Selasa (12/6/2018). Komunikasi kedua petinggi negara ini menjadi sorotan dunia, karena hubungan AS-Korut sebelumnya sempat memanas.

Apa saja yang akan mereka bicarakan dalam pertemuan tersebut? Dari sejumlah informasi yang dihimpun rilis.id, Trump dan Kim bakal membahas hal-hal penting.

Pertama, soal denuklirisasi Semenanjung Korea. Pengumuman ini muncul setelah Kim menawarkan diri bertemu dengan Trump. Kedua, ada tiga isu yang dibahas bersama. Antara lain, keamanan, kehormatan dan kesejahteraan.

Masalah keamanan, Kim kabarnya akan meminta AS menihilkan seluruh alutsistanya dari kawasan Korut. Sedangkan, masalah kehormatan, Korut akan siap terbuka dengan dunia luar.

Lalu, menyangkut kesejahteraan, dirinya berencana menggerakkan roda perekonomian Korut pada 2018 ini. Karena, selama ini negara tersebut mendapat sanksi ekonomi dari AS.

Ketiga, adalah pembebasan warga Jepang. Di mana, sebelum pertemuan PM Jepang, Shinzo Abe menitipkan pesan pada Trump terkait pertemuan tersebut.

Abe ingin bertemu secara langsung dengan Korea Utara dan berbicara dengan mereka, sehingga masalah penculikan dapat diselesaikan dengan cepat.

Seperti diketahui, tahun 1970 dan 1980-an, 13 warga Jepang diculik oleh Korea Utara. Dan hingga saat ini, Abe masih mengkhawatirkan tentang pembebasan warga negaranya.

Sumber: Merdeka.com


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)