logo rilis
Apa Kepentingan Sekjen Partai Komunis Vietnam Temui Presiden Jokowi?
Kontributor

21 Agustus 2017, 15:03 WIB
Apa Kepentingan Sekjen Partai Komunis Vietnam Temui Presiden Jokowi?
Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam (PKV) Nguyen Phu Trong. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Otoritas tertinggi Vietnam, yaitu Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam (PKV) Nguyen Phu Trong akan menemui Presiden Joko Widodo, Rabu (23/8/2017). 

Sekjen PKV Nguyen Phu Trong berkunjung ke Indonesia dengan didampingi menteri-menteri terkait dan pelaku bisnis Vietnam dari 22-24 Agustus 2017.

Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya mengatakan selain bertemu Presiden Jokowi, Sekjen Phu Trong juga direncanakan bertemu dengan pimpinan MPR, DPR, dan DPD RI, serta berbicara pada forum bisnis dan akademis.

Desra menyebutkan bahwa kunjungan Sekjen PKV itu adalah untuk meningkatkan kerja sama Indonesia-Vietnam di berbagai bidang, terutama kerja sama di bidang maritim, perikanan, perdagangan, investasi, serta isu-isu kawasan.

Selain itu, kunjungan Sekjen PKV ke Indonesia kali ini penting untuk beberapa alasan. Salah satunya adalah karena Vietnam saat ini menjabat sebagai Ketua APEC dan akan menyelenggarakan Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC pada 11-12 November 2017 di Da Nang, Vietnam.

"Vietnam mengundang Presiden RI dan sangat mengharapkan kehadiran beliau di Da Nang. Agenda Indonesia di APEC adalah mendorong 'roadmap' pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan," ujar Desra.

Selain itu, kata Desra, kunjungan otoritas tertinggi Vietnam penting bagi Indonesia karena Vietnam adalah salah satu negara di kawasan yang memiliki pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar enam persen pada 2016.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Vietnam pada 2016 mencapai 6,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

"Ada kesempatan besar bagi peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Vietnam di bidang perdagangan dan investasi," kata dia.

Lebih lanjut Desra menyampaikan bahwa kunjungan Sekjen PKV menjadi penting karena Vietnam merupakan mitra strategis Indonesia sejak 27 Juni 2013.

Dalam kunjungan Sekjen PKV itu, pemerintah Indonesia dan Vietnam juga akan membahas soal batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) kedua negara.

"Pertemuan ini akan memberikan momentum dan mendorong percepatan penyelesaian batas ZEE sesuai dengan Konvensi Hukum Laut Internasional 1982," ungkap Desra.


#Partai Komunis Vietnam
#Presiden Jokowi
#Nguyen Phu Trong
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID