logo rilis
Anwar Ibrahim Dikabarkan Bebas Pekan Depan
Kontributor
Syahrain F.
12 Mei 2018, 18:30 WIB
Anwar Ibrahim Dikabarkan Bebas Pekan Depan
Anwar Ibrahim. Credit: AFP

RILIS.ID, Kuala Lumpur— Pemimpin partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim dikabarkan segera bebas dari penjara pada Selasa pekan depan setelah menerima grasi penuh dari kerajaan. 

Kabar ini diungkapkan oleh putrinya, Nurul Izzah, pada media Sabtu, melansir Anadolu Agency.

Anwar saat ini masih berada di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras, setelah menjalani operasi. Dia menjalani hukuman penjara lima tahun atas tuduhan sodomi dan sedianya akan bebas pada 8 Juni mendatang.

Berdasarkan hukum Malaysia, Anwar tidak bisa mencalonkan diri untuk jabatan publik selama lima tahun setelah pembebasannya, kecuali diampuni Sultan.

Pengampunannya dari penjara ini membuka peluang dirinya kembali ke dunia politik dan berpotensi menjadi perdana menteri.

Sementara itu, Perdana Menteri baru Mahathir Mohamad mengatakan dalam pidatonya, bahwa setelah terpilih dia akan mengupayakan pengampunan penuh dari kerajaan pada Anwar Ibrahim. 

Untuk bisa mengambil alih kursi perdana menteri, Anwar nantinya harus memenangkan pemilihan atau terpilih sebagai senator.

Istrinya dan wakil perdana menteri yang diusulkan, Wan Azizah Wan Ismail, mengatakan bahwa dia mungkin akan menyerahkan kursi yang dimenangkannya di Pandan agar membuka jalan bagi Anwar untuk menjadi perdana menteri.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)