logo rilis
Antisipasi agar Tak Terkena Kanker Melanoma
Kontributor
Ning Triasih
22 Mei 2018, 14:20 WIB
Antisipasi agar Tak Terkena Kanker Melanoma
ILUSTRASI: HealthGoesUp

RILIS.ID, Jakarta— Melanoma bukanlah jenis kanker yang patut disepelekan. Kanker ini tergolong langka, ganas dan mematikan. Menantu Hatta Rajasa, Adara Taista sudah jadi korbannya.

Kanker melanoma terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen yang memberikan warna pada kulit berubah menjadi bersifat kanker. Hingga kini, belum dikenathi pasti mengapa kanker melanoma menyerang manusia. Tapi, paparan sinar ultraviolet disebut-sebut penyebab utamanya. Lalu adakah cara mencegah penyakit ganas ini?

Berikut beberapa tips agar terhindar dari kanker melanoma yang dihimpun dari berbagai sumber:

Hindari Paparan Sinar UV

Hindarkan kulit agar tidak terpapar langsung sinar ultraviolet (UV) baik yang alami ataupun buatan. Meski belum penyebab kanker melanoma belum diketahui pasti, tapi hal ini setidaknya bisa menurunkan risiko.

Gunakan Tabir Surya

Salah satu pencegahan kanker melanoma yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengoleskan tabir surya pada kulit Anda. Selain itu, gunakan pakaian yang tertutup, terlebih saat cuaca terik, sehingga tak terpapar sinar matahari yang merusak.

Periksa Tahi Lalat

Jika Anda memiliki tahi lalat atau bintik-bintik cukup besar di bagian tubuh Anda, tak ada salahnya rutin memeriksakannya ke dokter. Ini untuk mendapatkan diagnosis sejak awal.

Setop pakai make up berlebihan

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa menggunakan produk perias setiap hari dapat memicu kanker kulit. Hal ini karena adanya bahan kimia di produk tertentu. Karena itu, sebaiknya hindari memoles wajah terlalu sering, atau pakailah produk yang sudah terjamin keamanannya.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)