logo rilis

Ansor Jatim Ajak eks HTI Kembali ke Pancasila
Kontributor
Budi Prasetyo
08 Mei 2018, 12:44 WIB
Ansor Jatim Ajak eks HTI Kembali ke Pancasila
Ilustrasi anggota HTI. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Surabaya— Ketua Pengurus Wilayah Ansor Jawa Timur, Rudi Tri Wahid, menyambut baik putusan PTUN Jakarta yang menolak gugatan HTI. Keputusan hakim itu dinilai sudah tepat, karena Pancasila sebagai ideologi negara tidak bisa digantikan dengan sistem khilafah. 

"Iya harus kalah kan jelas jelas berlawanan dengan ideologi negara," katanya ketika dikonfirmasi pada Selasa (8/5/2018).

Dia mengatakan, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus dijaga karena merupakan perjuangan dan bentuk komitmen pendiri bangsa. Menurut dia, seharusnya, HTI tidak memaksakan ideologi khilafah karena memang tidak bisa diterapkan di Indonesia.

"Pancasila dan sistem negara NKRI itu komitmen suci dari pendiri bangsa yang harus dijaga sampai saat ini," katanya. 

Rudi berharap anggota agar HTI kembali ke Pancasila agar persatuan dan kesatuan di Indonesia tetap terjaga. 

"Dan, sudah menemukan satu bentuk negara NKRI dan ideologi Pancasila sudah final. Mestinya elemen bangsa harus menjaga bukan mempersoalkan. Mestinya begitu, kalau mereka tidak mau mengikuti komitmen bersama silahkan kita nggak maksa," katanya. 

Rudi berharap, HTI bisa menghentikan aktivitasnya dan menghormati putusan pengadilan.

"Kalau sudah final dijaga bareng bareng dan semua elemen bangsa terikat aturan negara, ya harus mematuhi keputusan. Siapa yang melawan berarti makar," katanya. 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)