logo rilis
Anies: MRT Bentuk Budaya Masyarakat
Kontributor
Kurniati
12 April 2018, 17:38 WIB
Anies: MRT Bentuk Budaya Masyarakat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Afid Baroroh

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan keberadaan mass rapid transit (MRT) akan membentuk kebiasaan dan kebudayaan baru masyarakat, dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Menurutya, MRT juga bisa menjadi sarana interaksi antarwarga Jakarta dan sekitarnya.

"Sehingga akan tercipta budaya antre, tertib waktu dan kebiasaan bersih," kata Anies, ketika meninjau dua set rangkaian gerbong MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).

Anies berharap, proyek MRT berjalan baik, selesai tepat waktu dan berkualitas. Sehingga, masyarakat dapat segera menikmati moda transportasi massal itu.

MRT Jakarta bisa menjadi melting pot karena salah satu transportasi massal yang dimanfaatkam seluruh lapisan dan mempersatukan masyarakat.

Anies juga menekankan ketersediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas dan tempat duduk prioritas ibu hamil atau orang lanjut usia di rangkaian kereta MRT.

Gubernur DKI mengapresiasi PT MRT Jakarta, yang telah menyiapkan 10 orang masinis muda dan andal terdiri atas lima orang perempuan dan pria.

"Kita menyiapkan proyek ini bertahun-tahun, sebuah proyek yang bersejarah dan harus dipantau perkembangannya sejauh ini sudah 92,5 persen," tutur Anies.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, menjelaskan kereta MRT akan mengikuti serangkaian tes dan persiapan sebelum uji coba pada Desember 2018 dan target operasi Maret 2019.

Pada Agustus 2018, kereta pertama akan diujicobakan pada trek I dan Desember 2018 dengan mengoperasikan kereta tanpa penumpang.
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)