logo rilis
Anies: Jakarta Kota Budaya Refleksi Persatuan di Atas Kebhinekaan
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
15 September 2019, 08:47 WIB
Anies: Jakarta Kota Budaya Refleksi Persatuan di Atas Kebhinekaan
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, hadir dan memberikan sambutan di acara Panggung Senja Jakarta, di areal Lenggang Jakarta, kawasan Monas, Sabtu (14/9/2019) kemarin. 

Anies mengatakan, acara itu adalah salah satu bagian dari upaya membangun Jakarta sebagai kota budaya. Bukan hanya budaya Betawi, menurutnya, tapi juga budaya-budaya dari seluruh Indonesia. 

"Hari ini, kita hadir dalam satu kegiatan ekspresi seni budaya kreatif, yang bisa dijadikan sebagai ajang untuk merayakan persatuan kita sebagai bangsa yang bhineka. Apalagi ada teman-teman pengisi acara yang berasal dari Papua yang membawa misi kedamaian. Ini mesti kita hargai sebagai bagian dari upaya mempererat persatuan kita sebagai bangsa," kata Anies dalam sambutannya.

Menurut Anies, kebhinekaan Indonesia adalah bawaan lahir sejak republik ini berdiri. Namun, ada yang lebih berharga daripada kebhinekaan, yaitu persatuan nasional.

"Apa yang unik dari Indonesia? Kebhinekaan? Bukan. Masih banyak negara-negara lain yang mungkin lebih bhineka dari kita. Persatuan. Itu yang membuat Indonesia unik dan berbeda dari negara lain," ucap Anies.

Anies berpesan kepada warga DKI agar selalu bisa menjaga persatuannya sebagai warga ibu kota yang penuh dengan kebhinekaan budaya dari seluruh Indonesia.

"Kita harus menjaga keunikan kita sebagai bangsa. Teman-teman dari Papua yang menjadi salah satu pengisi acara ini menjadi contoh bahwa mereka selalu bisa diterima di sini, menjadi saudara sebangsa kita dan berada pada payung merah putih," ujar Anies. 

Acara Panggung Senja Jakarta sendiri dilaksanakan oleh Ciks Production dan Teras Konser secara mandiri tanpa bantuan dari APBD Provinsi DKI.

Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin setiap dua pekan sekali, sebagai salah satu upaya membangun sentra seni budaya dan kegiatan kreatif anak muda Jakarta.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID