logo rilis

Anies Dinilai Telah Lakukan Kebijakan Populis dan Humanis
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
17 Oktober 2018, 13:59 WIB
Anies Dinilai Telah Lakukan Kebijakan Populis dan Humanis
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menilai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai berhasil melakukan sejumlah kebijakan populis yang berpihak kepada masyarakat kecil dan bersifat humanis.

Kebijakan Anies itu, menurut Trubus, fokus pada pemberian akses lebih luas pada masyarakat kecil dan terpinggirkan yang memang selama ini telah menjadi karakter dari mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. 

"Keunggulan kebijakan Anies ada pada kekuatan konsep meskipun pada awalnya terkesan terburu-buru, dipaksakan, sekedar memenuhi janji politik," kata Trubus melalui siaran persnya kepada rilis.id, Rabu (17/10/2018). 

Dia mengatakan, Anies dalam kurun waktu terakhir ini lebih hati-hati dalam menjalankan berbagai kebijakannya. Hal itu berbeda ketika di awal-awal masa kepemimpinannya bersama mantan Wagub DKI yang saat ini menjadi cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno. 

"Pada tiga sampai enam bulan pertama, kebijakannya cenderung terburu-buru, bahkan sering terlihat tanpa konsep yang jelas. Kebijakan itu seringkali menjadi polemik dan kontroversial di mata publik Jakarta yang majemuk," ujarnya.

Bahkan, Trubus melanjutkan, saat itu Sandiaga dipandang lebih dominan dalam menjalankan kepemimpinan di Jakarta ketimbang Anies. Pasalnya, sejumlah masalah di Jakarta justru Sandiaga yang menyelesaikannya. 

"Bahkan sempat muncul the real Gubernur DKI adalah Sandi, bukan Anies," tuturnya.

Trubus menyebut, Anies telah mampu belajar dari pengalamannya di awal menjabat sebagai Gubernur DKI. Sehingga, menurutnya, berbagai kebijakan akhir-akhir ini yang berhasil diselesaikan Anies juga mendapatkan apresiasi dari publik. 

"Bahkan di era Anies-Sandi, untuk pertama kalinya DKI Jakarta memperoleh predikat WTP dari BPK, di mana sebelumnya selalu disclaimer," ungkapnya. 

Menurut Trubus, salah satu kebijakan Anies yang menonjol dan pantas dibanggakan adalah keberhasilannya menyatukan warga Jakarta yang sempat renggang akibat Pilkada DKI 2017. Anies, menurutnya, mampu mengantarkan warga Jakarta menuju terwujudnya kohesi dan integrasi sosial. 

"Sehingga di masa Anies-Sandi jarang terjadi konflik-konflik sosial, demo berjilid-jilid, dan tawuran antar warga," paparnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)