logo rilis
Angkat Potensi Buah Lokal, Kalteng Percepat Pendaftaran Varietas
Kontributor
Kurniati
08 Juni 2018, 12:20 WIB
Angkat Potensi Buah Lokal, Kalteng Percepat Pendaftaran Varietas
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, — Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pertanian bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  melakukan inventarisasi buah-buah lokal untuk dipilih menjadi varietas unggulan, guna didaftarkan di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTP) Kementerian Pertanian.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Kapala Bagian Pemerintahan, Hawiannam, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung langkah yang dilakukan oleh Dinas Pertanian mengandeng BPTP Kalteng dalam menjadi Kotawingin Timur sebagai model pelestarian sumberdaya genetik buah khas Kalteng.

"Saya harap, semakin banyak kabupaten-kabupaten lain yang meniru langkah Dinas Pertanian Kotawaringin Timur," katanya usai Penandatanganan MoU di Kantor BPTP Kalteng, Kamis (7/6/2018) kemarin.

Ia mengatakan, kerja sama ini dapat menghasilkan ouput yang nyata sebagai upaya pemerintah untuk dapat melestarian sumberdaya genetik tanaman buah khas Kalteng.

"Termasuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap buah-buah lokal yang semakin lama semakin tersisih dan tergantikan oleh buah buah impor," kata Hawiannam.

Kepala Dinas Pertanian Kota Waringin Timur, Made Dirgantara, mengatakan kabupaten itu memiliki keragaman sumberdaya hayati buah lokal, di antaranya durian waluh, durian otak udang, nenas paun, salak, langsat dan cempedak.

"MoU ini adalah tindaklanjut dari kontes buah unggulan yang pernah diselenggarakan satu tahun yang lalu yang mendapat respon tinggi dari masyarakat," katanya.

Kepala BPTP Kalteng, F.F.Munier, menyambut baik kerja sama ini, sebagai implementasi dari tugas dan Fungsi BPTP dalam mengawal dan mendampingi teknologi pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG) Pertanian.


Menurut Munier, pengelolaan Sumberdaya Genetik (SDG),  dalam upaya percepatan pendaftaran  varietas ke PPVTPP Kementerian Pertanian, adalah (1) deskripsi varietas, (2) hasil uji keunggulan varietas, (3) hasil uji kebenaran varietas, dan (4) kesanggupan untuk melaksanakan perbanyakan benih yang memenuhi standar mutu, serta (5) kelengkapan administrasi lainnya. 


 

Sumber: Dedi Irwandi


komentar (0)