logo rilis
Anggota DPR asal Papua Ini Wajarkan Insiden Manokwari, Kenapa?
Kontributor
Nailin In Saroh
20 Agustus 2019, 22:22 WIB
Anggota DPR asal Papua Ini Wajarkan Insiden Manokwari, Kenapa?

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi V DPR Willem Wandik menilai wajar kemarahan masyarakat Papua yang berujung kerusuhan di Manokwari. Sebab menurutnya, insiden yang terjadi di Surabaya maupun Malang sangat melukai perasaan masyarakat tanah Cendrawasih tersebut.

“Peristiwa ini sangat menyedihkan kita semua dan sangat menyinggung perasaan orang asli Papua, karena narasi verbal yang sangat menyakitkan dan hinaan yang sangat tidak dapat diterima, karena sangat rasialis,” ujar Willem kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (20/8/2019).

Willem mengatakan, selama ini masyarakat tidak pernah merespons berbagai permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Papua. Sebab, mereka menganggap hal itu merupakan masalah intelektual.

“Sebenarnya, masyarakat Papua cukup lama bersabar dan tidak pernah mau terprovokasi dengan peristiwa seperti itu,”ungkap politikus Demokrat itu.

Namun, sambung dia, karena sudah menyinggung isu ras, maka hal itu tidak bisa lagi diterima. Karena itu, Willem mendesak agar pemerintah menyikapi serius karena konflik yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

“Bisa mengarah pada isu rasialis, isu SARA, dan juga mengarah pada disintegrasi bangsa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolri Tito Karnavian mengatakan, kerusuhan yang pecah di Manokwari Papua Barat hari ini disebkan sikap reaksioner massa terkait adanya insiden yang berkenaan dengan mahaiswa Papua di dua kawasan di Jatim.

Yakni insiden bentrokan antara warga Malang dengan mahasiwa papua yang hendak berdemonstrasi di Jalan Basuki Rakhmat, Malang, Kamis (15/8/2019) silam.

Dan, insiden penyerangan dari sekelompok organisasi yang mendatangi Asrama Papua di Jalan Kalasan Surabaya, pada Jumat (16/8/2019) kemarin.

"Ini memang di-trigger oleh adanya kejadian yang ada di Jawa Timur khususnya di Surabaya dan Malang," kata Mantan Kapolda Papua tahun 2012 itu.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID