logo rilis

Andi Arief Sebut Bailout Century Sudah Tepat
Kontributor
Tari Oktaviani
19 April 2018, 08:27 WIB
Andi Arief Sebut Bailout Century Sudah Tepat
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Staf Khusus Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Andi Arief ikut angkat suara terkait mencuatnya kembali kasus dugaan korupsi dana talangan Bank Century. Ia pun membela pemerintah tidak salah langkah dengan mengeluarkan bailout terhadap Bank Century.

"Menurut UU, memang setelah 5 tahun, LPS harus menjual Bank yang telah diselamatkan. Dari penjualan itu terbukti sudah kebijakan  bail out pada waktu 2008 itu jauh lebih baik ketimbang sekedar menutup Bank Century," katanya melalui siaran pers kepada rilis.id, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Pria yang juga politisi Demokrat ini berujar, komentar Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Fuad Bawazier bahwa menutup Bank Century lebih baik dari bailout menurutnya hanya fiksi semata. Ia menilai efesiensi anggaran lebih diutamakan dalam kebijakan bail out.

Andi menjelaskan, dengan terjual seharga Rp4,4 T, maka biaya bailout yang dikeluarkan pemerintah adalah Rp2,3 T (Rp6,7 T - Rp4,4 T). Nilai ini belum dikurangi uang gugatan gugatan di luar dari pemilik lama, yakni sebesar sekitar Rp1,8 T, yang berarti biaya riil bail out sebenarnya adalah Rp500 miliar

"Dari sisi efisiensi, coba bayangkan dan bandingkan bila waktu itu Pemerintah justru memilih langkah sebaliknya, yakni menutup Bank Century. Menurut LPS, penutupan akan meminta biaya sebesar Rp5,4 T dan duit itu tak akan bisa balik, alias uang penjaminan itu hilang begitu saja," tegasnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)