logo rilis

Ancaman terhadap Anak di Ruang Publik Makin Meluas
Kontributor
Ainul Ghurri
11 Maret 2018, 15:05 WIB
Ancaman terhadap Anak di Ruang Publik Makin Meluas
Bambang Soesatyo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan banyak fakta yang menunjukkan bahwa potensi ancaman terhadap anak dan remaja zaman sekarang makin meluas di ruang publik.

Untuk itu, negara harus segera mengambil langkah ekstra dalam upaya meminimalisir potensi ancaman terhadap anak dan remaja.

"Tidak lagi sekadar ancaman kekerasan fisik, anak dan remaja zaman now pun dibayangi ancaman peredaran narkotika dan zat-zat bermuatan narkoba yang bisa disisipkan dalam jajanan. Di luar rumah, potensi ancaman terhadap anak dan remaja sangat besar" kata Bamsoet dalam keterangan persnya, Jakarta, Minggu (11/3/2018).

Selain itu, meningkatnya populasi komunitas perilaku menyimpang pun sudah menjadi ancaman nyata bagi anak dan remaja. Menurutnya, keleluasaan bergerak di ruang publik, perkembangan pesat teknologi media sosial memungkinkan komunitas ini sangat mudah ‘menyergap’ anak remaja.

"Dan tidak pernah diperhitungkan sebelumnya bahwa kecerobohan orang tua memberikan peralatan elektronik atau gadget sebagai mainan anak pun mulai dirasakan aksesnya," ujarnya.

Mengacu pada ragam ancaman itu, menurutnya, rumusan strategi atau kebijakan perlindungan anak dan remaja jangan lagi sepotong-sepotong, melainkan harus komprehensif. 

"Untuk kepentingan ini, sebuah inisiatif baru sangat diperlukan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," pungkasnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)