Home » Peristiwa » Nasional

Ananda Sukarlan Dituding hanya Cari Sensasi

print this page Selasa, 14/11/2017 | 13:09

Pengamat politik UNJ Ubedillah Badrun. ILUSTRASI: Hafiz

RILIS.ID, Jakarta— Seorang seniman dan budayawan sejatinya orang atau sosok yang halus dan berbudi pekerti tinggi. Dalam menyikapi sebuah permasalahan dapat memosisikan sebuah forum itu formal atau informal.

Namun, pianis antarbangsa seperti Ananda Sukarlan sepertinya pengecualian. Musisi yang sudah kakoncara di dunia internasional itu lebih memilih keluar alias walkout dari forum dengan meninggalkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tengah memberikan sambutan dalam acara Ulang Tahun ke 90 Kolese Kanisius.

"Saya pikir Ananda hanya mencari sensasi saja. Urgensinya apa? Harus bisa membedakan forum itu resmi atau informal," kata pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta Ubellah Badrun kepada rilis.id, Selasa (14/11/2017).

Ubedillah menduga, kelompok pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih juga belum move on dari masa Pilkada Jakarta. Padahal, masa itu sudah lewat tidak ada gunanya untuk diratapi.

"Gubernur baru sudah terpilih tinggal tagih janjinya," kata Ubedillah.

Kenapa banyak para seniman dan budayawan 'terpikat' dengan sosok Ahok? Menurut Ubedillah, anggapan itu hanya asumsi. Mereka beranggapan Ahok itu bisa melindungi kepentingan mereka. Sementara Anies-Sandi dianggapnya tidak familiar dengan mereka.

"Itu hanya asumsi, dan itu waktu yang akan membuktikannya," jelas aktivis 98 ini.

Ubedillah lebih hormat kepada Ananda bila dalam forum itu tidak keluar ruangan melainkan menanyakan langsung, atau menyela pidato Anies Baswedan. Ananda meminta klarifikasi kepada Anies mengenai pernyataanya yang mendikotomikan pribumi dan nonpribumi.

"Atau kalau ada waktu, minta dibuat forum lain untuk berdebat atau berdialog dengan gubernur khusus soal tudingan antipluralisme," saran Ubedillah.

Penulis Yayat R Cipasang

Tags:

ananda sukarlankanisiusgubernur dki jakartaanies baswedanwalkoutUlang Tahun ke 90 Kolese Kanisius

loading...