logo rilis
Anak Benjol Habis Jatuh, Ini Penanganan Pertamanya
Kontributor
Tari Oktaviani
17 Februari 2020, 10:30 WIB
Anak Benjol Habis Jatuh, Ini Penanganan Pertamanya
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Anak yang baru bisa berjalan biasanya kerap mengalami yang namanya terjatuh. Hal ini dikarenakan si kecil belum mampu menyeimbangkan tubuhnya ketika berjalan. 

Ketika anak terjatuh tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Terlebih ketika muncul luka atau benjol.

Benjol biasanya muncul di sekitar kepala atau dahi. Bisa karena waktu si anak jatuh, kepalanya terbentur lantai atau bahkan karena terbentuk meja atau kursi.

Menangis biasanya menjadi reaksi anak pertama kali dikarenakan rasa sakit dan kaget. Namun baiknya orang tua jangan panik ketika ternyata ada benjol di bagian kepala akibat benturan.

Munculnya benjol dikarenakan ada luka di pembuluh darah di dalam namun tidak membahayakan. Darah yang keluar karena tidak bisa melewati kulit maka akan mengumpul di satu bagian sehingga menimbulkan seperti benjolan.

Benjol pasca anak jatuh biasanya akan mengempis sendiri selama beberapa hari kemudian. Namun untuk penanganannya maka simak berikut ini. 

Cara pertama yang perlu dilakukan yakni dengan menggendong si anak untuk kemudian ditenangkan. Apabila bayi masih menyusu, maka susui bayi segera mungkin guna menenangkan si anak. 

Lalu ketika sudah tenang, anda bisa bersihkan luka jika memang ada. Bersihkan dengan kapas atau tisu yang dibasahin dengan air secara perlahan. Atau bisa juga menggunakan kassa yang dibubuhi alkohol.

Setelah itu untuk mengempeskan benjolannya, anda bisa gunakan air es untuk mengompres. Gunakan es batu yang dibungkus kain lalu tempelkan perlahan ke bagian yang benjol. Bisa juga dengan es batu diceburkan ke air sampai dingin lalu rendam kain dan kompreskan. 

Kompres selama kurang lebih 10 menit lalu celupkan lagi ke air dingin dan kompres ulang. Ulangi sampai tiga sampai empat kali.

Jika dirasa ada yang tidak normal dengan si anak pasca jatuh seperti demam, muntah, kejang-kejang atau kesulitan bernapas maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan. 

 

 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID