logo rilis
Amien Rais Layak Nyapres karena Pernah Jadi Ketua MPR
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
11 Juni 2018, 09:30 WIB
Amien Rais Layak Nyapres karena Pernah Jadi Ketua MPR
Amien Rais. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Firman Manan, mengatakan, Ketua Majelis Kehormatan PAN, Amien Rais memiliki kapasitas untuk menjadi calon presiden di Pilpres 2019.

Pasalnya, kata Firman, Amien Rais memiliki pengalaman yang sangat panjang dalam mengemban berbagai jabatan publik.

"Secara kapasitas, sebagai salah satu tokoh penggerak reformasi dan pernah menjadi Ketua MPR, Amien Rais tentu saja mempunyai kapasitas untuk menjadi capres," kata Firman kepada rilis.id, Senin (11/6/2018).

Meski begitu, ujar Firman, banyak tantangan yang harus dihadapi mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu bila serius maju jadi capres. Salah satunya, ujar dia, terkait persyaratan presidential threshold yang cukup sulit dipenuhi Amien Rais.

"Karena PAN hanya memiliki sekitar 9 persen kursi di DPR, sementara partai-partai yang potensial untuk diajak berkoalisi seperti Gerindra dan PKS sudah mengantongi nama-nama untuk diusung menjadi capres atau cawapres," ujarnya.

Tak hanya itu, imbuh Firman, Amien Rais juga pernah memiliki pengalaman kalah dalam Pemilu 2004. Saat itu, lanjutnya, Amien Rais tak mendapatkan suara yang signifikan ketika maju sebagai capres.

"Paling tidak hal tersebut menunjukkan ukuran dukungan publik terhadapnya," tandasnya.

Sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan empat nama tokoh yang akan diusung PAN sebagai capres di Pilpres 2019. Dari empat tokoh itu, Amien menyebut nama dirinya sebagai salah satu yang kemungkinan menjadi capres dari partai berlambang matahari terbit tersebut.

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)