logo rilis

Amien Rais: Jangan Gulingkan Jokowi di Tengah Jalan
Kontributor
Zul Sikumbang
21 Mei 2018, 19:56 WIB
Amien Rais: Jangan Gulingkan Jokowi di Tengah Jalan
Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, mengatakan meskipun ekonomi Indonesia terpuruk dan nilai tukar rupiah melemah hingga tembus Rp14.200, pemerintah tak perlu digulingkan ditengah jalan.

Demikian dikatakan Amien Rais usai acara Refleksi 20 Tahun Reformasi di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (21/5/2018).

"Saya ketika masih menjadi ketua MPR dulu sempat mengatakan, masa kita melihat 4 kali pergantian presiden, Pak Harto, Habibie, Gus Dur dan Bu Megawati waktu itu. Semua harus ditunggu lima tahun, tidak boleh kemudian menggati kekuasaan di luar konstitusi," kata Amien.

Soal nilai tukar rupiah yang anjlok tidak sesuai dengan realitas yang ada. Bahkan, waktu Jokowi maju sebagai capres, rupiah tak akan lebih dari Rp10.000.

Ia mengaku, bukan ahli ekonomi, tetapi kalau berdasarkan krismon dulu kalau rupiah terpuruk, itu berarti kelas menangah ke bawah dan pedagang yang berkaitan dengan barang impor juga "sesak nafas". Dan, itulah implikasinya sangat berat.

"Jadi menuruut saya, bukan lagi siapa ikut siapa? Tapi sudah masalah bangsa. Jadi, kita harus betul-betul rawat ini, menjaga Jokowi sampai selesai menunaikan tugas sebagai presidennya, tidak boleh dihadang ditengah jalan apapun alasannya," pungkas Amien.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)