logo rilis
Alumni HMI Cabang Bogor Siap Bertarung dalam Pemilihan Presiden PERPIKA, PPI Korea Selatan
Kontributor
Elvi R
09 September 2020, 18:31 WIB
Alumni HMI Cabang Bogor Siap Bertarung dalam Pemilihan Presiden PERPIKA, PPI Korea Selatan
Calon Presiden PERPIKA / PPI Korea Selatan 2020 Yoga Hadiprasetya. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Perkumpulan-perkumpulan mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri kian hari makin diberi perhatian oleh Pemerintah. Berbagai arahan dan bimbingan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) di negara masing-masing semakin serius untuk digarap. 

Salah satu perkumpulan mahasiswa Indonesia yang ada di luar negeri ialah PERPIKA (Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan) yang merupakan organisasi pelajar dan mahasiswa Indonesia di Korea Selatan. Organisasi ini dijadikan sebagai wadah berkumpul dan berbaur sesama putra putri Indonesia serta menyalurkan minat-bakat para pelajar dan mahasiswa yang ada di Korea Selatan. 

Sebagai organisasi kemahasiswaan yang berada di luar negeri. Tak lepas dari pergantian kepemimpinan tiap tahunnya, perhelatan kepemimpinan pada 2020 ini diwarnai dengan munculnya bibit-bibit pemimpin dari para pemuda yang siap berinovasi lebih untuk memberikan kontribusi terbaik pada bangsa. 

Tak lepas dari perhatian, seorang pemuda asal Bogor yang kini menimba ilmu di Korea Selatan pun mencalonkan diri menjadi Presiden PERPIKA / PPI Korea Selatan 2020. Bernama Yoga Hadiprasetya, pemuda lulusan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor ini mengabdi sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN/Pegawai Negeri Sipil – red) mulai 2009 hingga saat ini. Melalui pengabdian tersebut pula, ia mendapat kesempatan untuk mendapat Tugas Belajar di Negeri Ginseng pada Kyung Hee University, Korea Selatan.

Kesempatan menimba ilmu ini pun tak cukup ia habiskan di meja kuliah semata. Ia berusaha untuk terus mempererat hubungan dengan sesama pelajar dan mahasiswa yang berdiaspora di negeri asal BTS (Bangtan Sonyeondan, Boy Band asal Korsel – red). Pemuda multi-talented ini pun pernah menimba ilmu di salah satu organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia. Ia pernah aktif menjadi Anggota dan Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor pada Komisariat Fakultas Kehutanan IPB pada 2006 – 2010. 

Dhogla (panggilan akrab – red) merupakan ASN di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pada saat menjadi mahasiswa S-1, ia bersama beberapa rekan-rekannya membuat sebuah gebrakan di kampus, yaitu mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bernama MAX!! IPB (Music Agriculture X-pression IPB) yang masih eksis hingga sekarang. Kemahirannya dalam bermusik juga mengantarkan dirinya untuk menjadi Pengajar/Guru Gitar di Shine Korean Class, Kyung Hee University, Korea Selatan. 

Dalam perhelatan ini, Yoga, memajukan Motto yaitu “Kebersamaan yang tumbuh dalam asas Percaya, Hormat dan Peduli” dengan Visi untuk Meningkatkan interaksi di antara para pelajar, peminat, dan alumni sebagai wujud sinergitas dan inklusifitas PERPIKA. 

Misi yang diusung olehnya adalah sebagai berikut: 

1. Meningkatkan sinergitas seluruh elemen PERPIKA dalam penyediaan informasi melalaui media sosial seputar studi dan kehidupan di Korea Selatan.  

2. Mempertajam peran PERPIKA dalam berkontribusi terhadap kualitas keilmuan civitas akademika di Korea Selatan. 

3. Memperluas kerjasama PERPIKA dengan berbagai pihak dalam perwujudan partisipasi yang inklusif.

Guna mewujudkan Motto serta mencapai Visi dan Misi tersebut, Dhogla (panggilan akrab – red), pun mengusung beberapa Program Kerja Unggulan, yaitu: 

1. PERPIKArtu

Menyediakan kartu identitas untuk seluruh anggota PERPIKA yang juga dapat digunakan sebagai alat bayar non-tunai di Korea selatan (T-Money/Cash Bee).

2. PERPIKAmpus Tur 

Menyelenggarakan kegiatan tur kampus guna memperkenalkan fakultas, jurusan serta keindahan lanskap dan lingkungan kampus-kampus di Korea Selatan.

3. PERPIKA Relawan 

Mengembangkan sistem partisipasi sukarela yang melibatkan seluruh anggota perpika dalam hal: 

a. PERPIKA Kreator konten 

Guna meningkatkan perhatian dan komunikasi dua arah pada akun-akun media sosial dengan melibatkan seluruh elemen PERPIKA sebagai Relawan untuk berkontribusi aktif dalam menyampaikan informasi seputar studi, lowongan magang dan kehidupan sehari-hari di Korea Selatan.  

b. PERPIKAwan 

Guna memfasilitasi Pelajar Indonesia sebelum dan setibanya di Korea Selatan dalam lingkup informasi perjalanan dan kehidupan sehari-hari. 

Berikut profil pribadinya: 

Nama lengkap : Yoga Hadiprasetya, S.Hut 

Tempat, tanggal lahir : Sukabumi, 06 September 1986 (usia 33 tahun) 

Pendidikan formal : S-1 Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University, S-2 Master of Arts in Environment and Sustainable Development, Kyung Hee University, Korea Selatan 

Pasangan : Erlin Ayuningtias, A.Md (menikah 2014 – Saat ini) 

Nama anak : Amira Syakila Hadiprasetya (usia 5 tahun), Naira Shalina Hadiprasetya (usia 2 tahun) 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID