logo rilis
Alhamdulillah, Paspor Haji Sulteng Rampung 100 Persen
Kontributor
Kurniati
03 April 2018, 14:20 WIB
Alhamdulillah, Paspor Haji Sulteng Rampung 100 Persen
Ilustrasi Paspor. FOTO: RILIS.ID/Kurniati

RILIS.ID, Palu— Penerbitan paspor haji di Palu, Sulawesi Tengah kini rampung 100 persen.

"Jumlah paspor haji yang diterbitkan Imigrasi Palu mencapai sekitar 2.000-an dan paspor yang telah diterbitkan itu untuk penjalanan musim haji 2018," kata Suparman, Kepala Imigrasi Palu, di Palu, Selasa (3/4/2018).

Menurutnya, Imigrasi Palu setiap harinya melayani paspor untuk ibadah umrah dan umum.

Guna memberikan pelayanan lebih memudahkan bagi masyarakat yang akan mengurus paspor, Imigrasi Palu pun membuka jadwal layanan pengurusan paspor pada hari Sabtu.

"Petugas kami siap melayani pengurusan dokumen perjalanan pada setiap hari Sabtu," kata Suparman.

Kebijakan tersebut, menurut dia, untuk melayani masyarakat, khususnya para pegawai negeri maupun swasta yang bekerja pada hari kerja.

Karena waktu kerja para pegawai tidak bisa meninggalkan pekerjaan, jadi mereka bisa mengurus paspor di waktu hari libur.

Dengan demikian, mereka yang berdomisili di luar Palu, bisa memanfaatkan waktu hari libur untuk bisa langsung mengurus dokomen keimigrasian yang dibutuhkan.

Otomatis, kata Suparman tidak akan mengganggu waktu bekerja mereka di kantor atau perusahaan.

Kantor Imigrasi Palu kini memiliki sedikitnya tiga unit alat untuk foto. Pada tahun-tahun sebelumnya hanya ada satu unit alat foto saja.

Tetapi sekarang ini alat foto sudah tiga sehingga proses penerbitan paspor pun lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dia juga menambahkan, Imigrasi Palu juga telah membuka layanan online untuk pengurusan paspor. Mereka yang menentukan sendiri waktunya sehingga tidak perlu antre menunggu di kantor.

Jadi, mereka bisa mengatur sendiri waktunya sesuai dengan kesempatan. Hal ini juga memudahkan mereka yang ada di luar Kota Palu bisa menekan biaya pengeluaran khususnya akomodasi dan konsumsi.

Tetapi dengan sistem pelayanan online, mereka datang nanti sudah waktunya dan dipastikan mendapat pelayanan karena sebelumnya sudah mendaftar melalui online.
 

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)