logo rilis
Alhamdulillah, Aktivitas Bandara Adisutjipto Sudah Normal
Kontributor
Fatah H Sidik
11 Mei 2018, 18:01 WIB
Alhamdulillah, Aktivitas Bandara Adisutjipto Sudah Normal
Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Yogyakarta— Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, kembali normal, Jumat (11/5/2018) siang. Sebelumnya sempat ditutup akibat hujan abu akibat letusan freatik Gunung Merapi.

"Saat ini operasional penerbangan sudah berjalan normal kembali sesuai dengan NOTAM B3568/18, yaitu pada pukul 14.17 WIB," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, beberapa saat lalu.

Dengan begitu, pesawat yang menunggu di bandara (holding on ground) telah diberangkatkan seluruhnya. "Kami akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi terkait aktivitas penerbangan pascapenutupan tersebut, khususnya terkait pelayanan penumpang di Bandara Adisutjipto," katanya.

Agus menambahkan, Angkasa Pura I bakal berkoordinasi dan mengawasi perkembangan kondisi aktivitas freatik Gunung Merapi bersama sejumlah pihak. "Kami tetap memprioritaskan keselamatan penerbangan," tambah dia.

Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sempat menutup akses landasan pacu (runway closed) pada pukul 10.25-11.10 dan dilanjutkan jam 11.10-11.40 tadi. Hal tersebut dilakukan sesuai NOTAM B3565/18.

"Penutupan landasan siang ini dilakukan, karena adanya dampak hujan abu vulkanik akibat erupsi freatik Gunung Merapi yang terjadi pada pukul 07.40 WIB," terang Agus, sebelumnya. Pertimbangan lain, mengutamakan keselamatan penerbangan.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)