logo rilis
Aktivis 98 Protes Klaim Amien Rais sebagai Bapak Reformasi
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
28 April 2018, 14:05 WIB
Aktivis 98 Protes Klaim Amien Rais sebagai Bapak Reformasi
Amien Rais. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Aktivis 98 mempertanyakan klaim dari mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Amien Rais selama ini sebagai Bapak Reformasi. Menurut Aktivis 98 dari Ujani, Wahab, sejarah reformasi tidak boleh didistorsi oleh pihak-pihak yang ingin numpang nama memanfaatkan aksi mahasiswa dan masyarakat dalam menggulingkan Rezim Orde Baru Soeharto. 

"Kita protes keras kepada Pak Amien Rais ketika mengklaim dirinya sebagai bapak reformasi. Saya protes, Adian (Adian Napitupulu) juga protes," kata Wahab, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (28/4/2018).

Aktivis dari Forum Aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi (Famred) itu meminta narasi sejarah terkait peristiwa reformasi 1998 harus bisa diluruskan. Dia khawatir, narasi-narasi yang salah tentang sejarah reformasi itu nantinya dianggap sebuah kebenaran.

"Sejarah itu harus diluruskan, jangan sampai sejarah itu tidak diluruskan, terjadi distorsi informasi kemudian pada satu zaman itu dibenarkan, padahal itu sejarah yang salah," ujar Wahab.

Dia sendiri bersama aktivis lainnya mengaku enggan mengklaim sebagai tokoh reformasi. Walaupun, lanjut Wahab, dirinya bersama aktivis lainnya itu merupakan pelaku sejarah aksi reformasi dalam rangka menumbangkan Soeharto tersebut.

"Kami-kami ini fakta dari pelaku sejarah, kami saja tidak berani mentokohkan diri kami sebagai tokoh reformasi," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan aktivis 98 lainnya, Eli Salomo Sinaga dari Forum Kota (Forkot). Menurutnya, dalam berbagai pembicaraan penyusunan strategi untuk melengserkan Orba tidak pernah meminta bekerja sama dengan Amien Rais.

"Dalam perdebatan-perdebatan di dalam organisasi kami, tidak ada satu poin yang memperdebatkan atau mengusulkan soal bekerja sama dengan Amien Rais, atau dengan elite politik lain, tidak ada terdengar dalam ruang pembicaraan," ungkap Eli. 

Dia menyebut, bila Amien Rais atau beberapa orang lainnya mengklaim dirinya menggerakan aksi 98 yang dilakukan mahasiswa dan rakyat, hal itu adalah tidak berdasar.  "Mungkin (Amien Rais) faktor usia sudah perlu untuk refresing, sudah perlu untuk istirahat sebentar," pungkasnya.


500
komentar (0)