logo rilis
Aksi Balasan, Israel Minta Diplomat Turki Pulang Sementara Waktu
Kontributor
Syahrain F.
16 Mei 2018, 16:55 WIB
Aksi Balasan, Israel Minta Diplomat Turki Pulang Sementara Waktu
Polisi Israel berjaga di dekat Kedutaan Besar Turki di Tel Aviv, pada 17 Agustus 2010. FOTO: Getty Images/Uriel Sinai

RILIS.ID, Yerusalem— Konsul Jenderal Turki di Yerusalem dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Israel pada hari Selasa (15/5/2018) dan diminta pulang ke negaranya untuk sementara waktu.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Israel, Dubes Turki Gurcan Turkoglu dipanggil dan diminta untuk kembali ke negaranya, melihat perkembangan terakhir mengenai hubungan bilateral antara Yerusalem dan Ankara.

Melansir Anadolu Agency, langkah itu dilakukan hanya beberapa jam setelah Turki meminta Dubes Israel kembali ke negaranya, menyusul kekerasan dan pembunuhan rakyat Palestina tanpa pandang bulu di sepanjang perbatasan Gaza.

61 demonstran Palestina menjadi martir dan ribuan lainnya terluka.

Ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza sejak Senin pagi untuk mengambil bagian dalam peringatan Hari Nakba dan memprotes pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Sejak demonstrasi perbatasan dimulai pada 30 Maret, lebih dari 100 demonstran Palestina telah menjadi martir oleh tembakan Israel di lintas-perbatasan, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Pekan lalu, pemerintah Israel mengatakan protes perbatasan yang sedang berlangsung merupakan "keadaan perang" di mana hukum humaniter internasional tidak berlaku.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)