logo rilis

Ajukan PK, Apa Saja Bukti Baru Anas Urbaningrum?
Kontributor
Tari Oktaviani
24 Mei 2018, 16:45 WIB
Ajukan PK, Apa Saja Bukti Baru Anas Urbaningrum?
Anas Urbaningrum. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengaku, mempunyai bukti baru terkait kasus rasuah yang menjeratnya. Sehingga, berani mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK).

Bukti baru tersebut, didapat dari keteranga mantan anak buah Nazaruddin, Yulianis. Ada juga yang diperoleh dari Marisi Matondang dan Tubagus M Noor. Namun, Anas enggan membeberkan detail keterangan tiga saksi itu.

"Ya, nanti di persidangan (selanjutnya) dihadirkan, minggu depan," ujarnya usai menghadiri persidangan PK yang diajukannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018).

Selain bukti baru, Anas menambahkan, ada poin lain yang menjadi pertimbangan mengajukan PK. Yakni, kesalahan hakim saat memutus perkaranya.

"Jadi, dua alasan itulah yang saya anggap kuat sangat pokok untuk dijadikan alasan, untuk mengajukan peninjauan kembali," Anas.

Anas divonis delapan tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor, karena hakim menilai dirinya terbukti bersalah pada kasus dugaan korupsi Hambalang. Vonis lebih rendah dari tuntutan jaksa KPK, 15 tahun penjara. 

Putusan Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta pada tingkat banding lebih rendah, menjadi tujuh tahun. Sayangnya saat tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA), vonis Anas diperberat menjadi 14 tahun dan denda Rp5 miliar serta uang pengganti Rp57,59 miliar dan US$5,261 juta.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)