logo rilis

Ajaib! Kuku Jari Tengah Pria Pakistan Ini Beranak
Kontributor
Ning Triasih
15 April 2018, 23:00 WIB
Ajaib! Kuku Jari Tengah Pria Pakistan Ini Beranak
Seorang pria Pakistan mengalami kuku beranak di jari tengahnya. FOTO: Journal of Surgery Open

RILIS.ID, Jakarta— Aneh bin ajaib. Kata itu sepertinya cocok untuk menggambarkan kondisi seorang pria Pakistan, di mana kuku jari tengahnya beranak alias tumbuh kuku ekstra.

Hal itu terungkap dalam laporan International Journal of Surgery Open. Terlihat, kuku pria yang tak disebutkan namanya itu beranak, yang tumbuh tepat di bagian tengah kuku normal. Jika dilihat sepintas, seperti ada dua jari.

Anehnya, sang pria awalnya tak menyadari jika ada anak kuku di jari tengahnya. Ia baru mengetahuinya usai pergi ke dokter lantaran mengeluh nyeri pada jari tengahnya.

Pemeriksaan pun dilakukan. Dokter awalnya tak menemukan kejanggalan dalam pemeriksaan rontagen. Hingga pada investigasi lebih lanjut, ditemukan anak kuku yang berasal dari keratin, zat pembuat kuku dan rambut manusia.

Sang dokter yang menangani kasus kuku beranak itu mengatakan, "Kuku ekstra ini terbuat dari keratin dan menyatu dengan dasar kuku ditunjukkan dari depresi longitudinal yang berhubungan dengan sedikit tonjolan pada kutikula kuku primer."

Jalan satu-satunya pengangkatan kuku menurut dokter seperti dikutip dari jurnal adalah melalui operasi. Tujuannya adalah agar pasien terbebas dari rasa sakit.

Dan akhirnya, dokter berhasil mengangkat anak kuku jari tengah pria tersebut.

Sebenarnya, kuku beranak ini bukanlah pertama kalinya. Sebelumnya, dokter juga menyebut pernah menemui pasien dengan kasus serupa, yakni kuku ekstra di jempol dan kelingking.

Tak diketahui pasti apa penyebab tumbuhnya anak kuku ini. Namun, dalam catatan dokter disebutkan, kasus ini diduga bisa muncul karena faktor genetik.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)