logo rilis
Ahok jadi Sosok Misterius di Pilpres 2024
Kontributor
Nailin In Saroh
03 Juli 2019, 18:00 WIB
Ahok jadi Sosok Misterius di Pilpres 2024
Ilustrasi Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok

RILIS.ID, Jakarta— Gelaran Pilpres 2019 baru saja usai setelah Joko Widodo terpilih menjadi presiden Indonesia. Namun pemimpin baru belum dilantik, sudah ada saja kabar sosok yang bakal maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) akan menjadi sosok mengejutkan dalam Pilpres 2024.

Kendati Ahok memang belum masuk radar Capres 2024 saat ini, namun kata Rully, Ahok berpotensi menjadi sosok misterius dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Bisa jadi BTP masuk sebagai sosok misterius yang tadi, sosok Mr. X. Efek kejut ke depan 2024," ujar Rully usai konferensi pers bertajuk "Setelah Putusan MK: 15 Capres 2024 Masuk Radar" di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

LSI Denny JA telah menyebutkan 15 tokoh yang bakal masuk bursa calon presiden pada Pemilu 2024. Ke-15 tokoh tersebut berasal dari jenjang pemerintah daerah, antara lain Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim).

Kemudian dari jenjang pimpinan parpol, yakni Prabowo Subianto (Gerindra), Sandiaga Uno (PAN?), Airlangga Hartarto (Golkar), AHY (Demokrat), Puan Maharani (PDIP) dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Lalu, dari jenjang jabatan pemerintahan pusat ada nama Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Budi Gunawan (Kepala BIN), Tito Karnavian (Kapolri) dan Gatot Nurmantyo (Mantan Panglima TNI).

Terakhir adalah tokoh Mr/Mrs. X yang namanya belum masuk radar hari ini, tetapi potensial menjadi Presiden 2024. Tokoh ini sama seperti Jokowi yang lima tahun sebelum 2014 namanya belum masuk radar capres, tetapi muncul dan akhirnya jadi presiden.

Sementara itu, mengenai munculnya nama Ahok, Rully menyatakan bisa saja masuk ke dalam tokoh yang berpotensi memberikan efek kejutan alias Mr. X.

"BTP mungkin pernah jadi satu kepala daerah dan berpartai politik. Kita belum tahu gebrakan BTP, bisa jadi nanti dimasukkan sebagai menteri atau ke depan jadi kepala daerah di daerah lain," terangnya.

Meski begitu, kata dia, yang menjadi kelemahan Ahok statusnya yang pernah terjerat kasus hukum penistaan agama. Menurut dia, status napi tersebut yang akan menjadi sasaran untuk menyerang Ahok.

"Tapi tinggal bagaimana BTP melakukan klarifikasi dengan prestasi-prestasi untuk memperkuat namanya di 5 tahun ke depan," pungkasnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID