logo rilis
Agriventor, Kompetisi untuk Atasi Krisis SDM dan Inovasi Teknologi
Kontributor
Fatah H Sidik
13 September 2017, 23:07 WIB
Agriventor, Kompetisi untuk Atasi Krisis SDM dan Inovasi Teknologi
Koordinator Nasional Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) M Riyadha (kiri) dan Kepala BPPSDMP Kementan Momon Rusmono

RILIS.ID, Jakarta— Kompetisi Agriventor 2017 yang diselenggarakan Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki dua makna.

Pertama, kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Momon Rusmono, meningkatkan SDM, khususnya membuka ruang kepada generasi muda. Kedua, dimensi inovasi teknologi.

"Karena itu, saya berikan penghargaan dan apresiasi tinggi terhadap Gempita, karena pelopor gerakan peran serta petani," ujarnya saat peluncuran Agriventor di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Pada kesempatan sama, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan, Muhammad Prama Yufdy, menerangkan, belakangan SDM yang berkecimpung di sektor pertanian mulai berkurang.

Sehingga, perlu penanganan secara intens untuk membangkitkan semangat dan tenaga-tenaga muda di lapangan. "Potensi-potensi itu perlu kita gali," katanya.

Karenanya, Balitbangtan mendukung penuh kegiatan tersebut. Soalnya, juga menjadi upaya membuktikan sektor pertanian sangat menarik untuk digeluti.

"Beberapa hari di koran-koran (menuliskan, red) sektor pertanian tidak menarik digeluti anak muda. Diharapkan ini beri informasi, bahwa pertanian sangat menarik digeluti," jelas peraih gelar doktor dari Universiti Putra Malaysia ini.
 
Momon menambahkan, dirinya berharap kompetisi yang bekerja sama dengan rilis.id selaku event partner tersebut tidak hanya berorientasi pada on farm, namun meliputi inovasi teknologi pascapanen.

"Diharapkan terjadi tidak hanya peningkatan produksi, tapi nilai tambah dan berdampak terhadap pendapatan pelaku utama," sambungnya.

Melalui acara itu, Momon juga berharap kegiatan tersebut menjadi awal dari gerakan berkelanjutan di sektor pertanian.

"Semoga harapan kita semua, (Agriventor, red) dilaksanakan dengan sukses dan berdampak positif terhadap inovasi," pungkasnya.


#Agriventor
#Kementerian Pertanian
#Gempita
#BPPSDMP Kementan
#Balitbangtan Kementan
#Momon Rusmono
#Prama Yufdy
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)