logo rilis
Agar Puasa Lancar, Jauhi Lima Penyakit Hati
Kontributor
Ning Triasih
25 Mei 2018, 14:12 WIB
Agar Puasa Lancar, Jauhi Lima Penyakit Hati
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Menjaga kesehatan tubuh itu sangatlah penting, apalagi saat berpuasa. Tapi, sehat raga saja tak cukup jika Anda masih menyimpan penyakit hati.

Penyakit hati yang dimaksud bukanlah penyakit medih lho ya. Tapi penyakit atau sifat tercela yang terpendam dalam jiwa.

Ya, dalam Islam, ada lima penyakit hati atau sifat tercela yang harus dihindari dan dibuang semua orang. Apa saja?

Riya

Riya yaitu beribadah tapi dengan niat supaya dipuji manusia, bukan semata-mata karena Allah. Ini adalah penyakit hati nomor satu yang diidap banyak orang. Lebih parahnya, umumnya mereka tak sadar dengan penyakit ini.

Sum'ah

Sum'ah adalah memperdengarkan atau membicarakan amalan-amalan ibadah yang dilakukannya kepada orang lain. Sifat ini sebenarnya hampir mirip dengan sombong.

Ujub

Ujub berarti kagum dengan diri sendiri secara berlebihan, yakni ketika seseorang merasa bahwa dirinya memiliki kelebihan tertentu yang tidak dimiliki orang lain.

Iri

Iri juga merupakan penyakit hati yang harus dibasmi. Iri adalah rasa tidak suka ketika melihat orang lain bahagia.

Kikir

Sifat kikir biasanya dimiliki orang kaya, tapi tak sedikit pula orang miskin juga menderita penyakit hati jenis ini. Kikir yakni sifat terlalu cinta kepada harta dan tidak mau membaginya pada orang lain yang membutuhkan.

Nah, itulah lima penyakit hati dalam Islam yang harus diperangi agar selamat dunia akhirat. Jika punya kelima atau salah satu dari sifat tersebut, hilangkan sekarang juga dan bertobatlah pada Allah.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)