logo rilis

Agar Penderita Maag Lancar Berpuasa, Ini Tipsnya
Kontributor
Ning Triasih
18 Mei 2018, 14:45 WIB
Agar Penderita Maag Lancar Berpuasa, Ini Tipsnya
ILUSTRASI: Meetdoctor

RILIS.ID, Jakarta— Menderita maag bukanlah penghalang untuk menjalankan ibadah puasa. Lalu bagaimana caranya agar puasa bisa berjalan lancar dari sahur hingga berbuka meski punya masalah asam lambung?

Menurut Dosen Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, Rachmanida Nuzrina, kepada rilis.id, Jumat (18/9/2018) mengatakan, penderita maag bisa lancar menjalankan puasa Ramadan, dengan tips sebagai berikut:

Sahur dan buka seperti biasa

Lakukan sahur dan berbuka seperti biasa. Tapi, untuk sahur, sebaiknya dekatkan dengan waktu imsak. Jika diperlukan, konsumsi obat maag ketika sahur dan berbuka. Tapi ingat, hindari makanan yang bisa menimbulkan gas pencernaan seperti sayuran tinggi serat (kol, nangka dan minuman bersoda), serta hindari makanan tinggi lemak dan bersantan karena bisa menimbulkan rasa tidak enak di perut.

Jangan langsung tidur

Setelah selesai makan sahur, jangan langsung tidur. Pasalnya, hal itu dapat memicu naiknya makanan ke kerongkongan.

Air putih

Perbanyak konsomsi air putih saat sahur maupun berbuka. Air putih sangat ampuh dalam membantu menetralkan asam lambung.

Kurma

Saat berbuka, dahulukan makanan ringan seperti air putih dan kurma. Ini adalah rekomendasi yang paling baik. Kurma mengandung cukup kandungan gula untuk menggantikan energi yang hilang, namun tidak merangsang pengeluaran asam lambung.

Beri jeda waktu sebelum makan besar

Ketika berbuka puasa, jangan buru-buru menyantap makanan besar. Beri jeda sekitar 30 menit. Ini berguna agar sistem pencernaan punya waktu menyesuaikan keadaan dari 14 jam berpuasa. Karena itu, makanlah dalam porsi kecil saat berbuka, kemudian bisa dilanjutkan mengonsumsi makanan lainnya setelah ibadah salat tarawih.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)