logo rilis
Agar Mendongeng untuk Si Kecil Lebih Bernyawa
Kontributor
Ning Triasih
20 Maret 2018, 16:56 WIB
Agar Mendongeng untuk Si Kecil Lebih Bernyawa
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Hari ini merupakan peringatan Hari Dongeng Sedunia atau World Storytelling Day, Selasa (20/3/2018). Inilah momen yang pas membacakan dongeng untuk si buah hati.

Namun, mendongeng dengan sekadar membacakan buku cerita tentu kurang hidup dan menarik. Alih-alih si kecil antusias dengan dongeng Anda, dia justru bisa tutup telinga karena bosan.

Nah, agar mendongeng untuk si kecil lebih bernyawa, berikut rilis.id suguhkan beberapa tipsnya, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Waktu yang pas

Mendongeng tak bisa dilakukan di sembarang tempat dan situasi yang tak tepat. Anda harus mencari waktu yang pas. Dalam hal ini, pilihkah saat-saat di mana mood anak Anda baik. Tapi, waktu terbaik adalah menjelang tidur, saat santai bersama keluarga atau sembari menemaninya makan.

2. Ekspresif

Hindari mendongeng dengan gaya kaku. Sebaliknya, Anda harus ekspresif. Ciptakan suara yang benar-benar berkarakter dan menghibur anak, sehingga mereka tak mudah bosan. Dengan begitu, dongeng Anda akan lebih berkesan.

3. Alat peraga

Agar dongeng Anda terlihat lebih hidup dan tak flat, jangan lupa gunakan alat peraga seperti boneka, mainan atau apa pun yang mendukung dongeng Anda. Jangan lupa ikuti dengan gerakan. Jangan malu terlihat lucu di depan anak.

4. Improvisasi

Membaca dongeng sesuai naskah saja tidak cukup. Anda perlu improvisasi, misalnya dengan menyisipkan nyanyian atau tebakan. Hal ini tak saja menghibur anak, tapi sekaligus melatih kreativitas dan membuatnya lebih menangkap nilai dari dongeng yang Anda bawakan.

Selamat mencoba dan semoga si kecil terhibur ya!


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)