logo rilis
Agar ASI Tetap Lancar meski Berpuasa
Kontributor
Ning Triasih
24 Mei 2018, 15:48 WIB
Agar ASI Tetap Lancar meski Berpuasa
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Menjadi wanita karier sekaligus ibu menyusui (busui) terlebih saat berpuasa bisa jadi cobaan berat. Butuh energi dan kerja ekstra agar kegiatan menyusui sekaligus ibadah berjalan mulus.

Pasalnya, puasa bagi sebagian busui bisa menghambat produksi Air Susu Ibu (ASI). Lalu bagaimana caranya agar produksi ASI tetap lancar meski berpuasa?

Robiatul Adawiyah, wanita karier sekaligus ibu menyusui berbagi tips kepada rilis.id di Jakarta, Kamis (24/5/2018) tentang bagaimana agar produksi ASI tetap lancar saat berpuasa, di antaranya sebagai berikut: 

1. Tidur Cukup

Bagi ibu rumah tangga, puasa tentu akan cukup menyita waktu, seperti menyiapkan menu sahur dan berbuka. Akibatnya kebanyakan dari mereka akan kurang tidur dan ini akan berdampak pada produksi ASI. Karena itu, usahakan tidur cukup setiap hari.

2. Selalu Makan Sayur dan Buah

Bagi ibu menyusui apalagi yang berpuasa, buah-buahan dan sayuran harus menjadi santapan wajib. Pasalnya, menurut pengalaman Robiatul, buah sayur selalu membuatnya lebih segar dan ASI pun lancar.

3. Minum Air Dua Liter

Jangan sampai busui kekurangan cairan saat puasa. Dalam sehari, minumlah air putih kira-kira dua liter. Satu liter saat dan menjelang sahur, kemudian saat berbuka.

4. Santap Makanan Favorit

Saat berpuasa dan menyusui, jangan ragu untuk menyantap makanan kesukaan Anda. Jika Anda suka pizza atau apapun itu, makanlah! Dengan catatan, jika makanan itu kurang baik bagi kesehatan, jangan terlalu berlebihan.

Mengonsumsi makanan favorit akan berpengaruh pada pelepasan endorfin, yakni hormon atau cairan kimia dalam otak yang akan menyebabkan perasaan bahagian. Jika Anda happy, ASI pun akan berjalan lancar.

5. Jangan Stres

Dan yang terpenting, jangan sampai puasa dan menyusui ini membuat Anda stres. Anda harus optimis jika Anda bisa melakukan kedua hal ini dengan sempurna.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)