logo rilis
Agar Aman, Ini Waktu yang Pas Mengganti Spons Pencuci Piring
Kontributor
Ning Triasih
23 Januari 2019, 12:35 WIB
Agar Aman, Ini Waktu yang Pas Mengganti Spons Pencuci Piring
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Dalam urusan dapur, kebersihan peralatan masak wajib diperhatikan. Untuk mewujudkannya, salah satunya adalah dengan rutin mengganti spons pencuci piring.

Ya, meski konsisinya masih bagus dan terlihat bersih, spons pencuci piring wajib diganti secara teratur karena bersentuhan langsung dengan peralatan dapur Anda.

Pasalnya, spons cuci piring merupakan tepat favorit kuman dan bakteri berkembang biak. Karenanya, jika tidak tak diganti secara teratur, bakteri tersebut bisa menempel di peralatan makan Anda sehingga dapat menyebabkan penyakit.

Lalu berapa lama seharusnya spons perlu diganti?

Menurut para ilmuwan, Anda dianjurkan mengganti spons pencuci piring setiap satu sampai tiga minggu sekali. Jika lebih dari itu, bakteri pantogen seperti e. coli dan salmonella yang ada dalam spons bisa menempel dalam peralatan dapur Anda dan tercampur dengan makanan.

Lebih lanjut dikatakan, membilas atau mencuci spons saja sebenarnya tidak cukup untuk menghilangkan kuman-kuman. Untuk itu, setelah spos digunakan, alangkah baiknya untuk membersikhannya dengan memanaskannya di dalam microwave dengan suhu tinggi selama 1-2 menit. Setelah itu, keringkan dan spons bisa digunakan kembali.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID