logo rilis

Ada Pemilihan Ulang di Kediri
Kontributor

01 Juli 2018, 14:30 WIB
Ada Pemilihan Ulang di Kediri
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Kediri— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur menyelenggarakan pemungutan suara ulang Pemilu Gubernur dan Wagub Jawa Timur di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 Desa Susuh Bango, Minggu (1/7/2018).

"Kami lakukan pemungutan suara ulang di TPS 4, Desa Susuh Bango, Kecamatan Ringinrejo ini karena menindaklanjuti rekomendasi Panwas yang mana saat pencoblosan ditemukan ada pemilih luar daerah yang menggunakan hak pilihnya tanpa menunjukkan A5, " kata Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaruisworo di Kediri, Minggu (1/7/2018).

Ia mengatakan, KPU sebelumnya sudah melakukan rapat pleno dari rekomendasi yang diberikan oleh Panwas terkait dengan temuan itu dan menetapkan untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang dilakukan pada 1 Juli 2018.

KPU juga sudah mengirimkan surat ke KPU Provinsi Jatim untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

KPU, kata dia, bahkan juga dengan KPU Provinsi Jatim melakukan proses pendistribusian surat suara di TPS, yang digunakan untuk tempat pemungutan suara ulang tersebut.

Untuk jumlah surat suara, Sapta mengatakan sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang terdata di TPS itu, yakni 471 surat suara ditambah dengan 2,5 persen sebagai cadangan.

"Namun, yang membedakan adalah di surat suara untuk pemungutan suara ulang itu ada tanda PSU. Jadi, berbeda dengan model surat suara saat pencoblosan yang pertama," kata dia.

Warga, kata dia, juga sudah diberikan surat panggilan untuk memberikan hak suaranya di TPS 4, Desa Susuh Bango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri tersebut.

Namun, untuk dua orang warga Jember, yang juga pasagan suami istri itu tidak diberikan lagi.

Sementara itu, untuk menarik minat masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya di TPS 4 itu, panitia dan pemerintah desa memberikan berbagai macam hadiah undian.

Barangnya juga beragam, misalnya perkakas rumah tangga, sepeda angin, hingga televisi.

Sedangkan, proses pemberian hak suara juga berlangsung dengan tertib.

Kegiatan itu juga mendapatkan pengawalan yang ketat baik dari tim sukses pasangan calon yang bertarung di Pilkada Jatim 2018, panitia pengawas, bahkan masyarakat luas.

Bahkan, Kapolres Kediri juga hadir langsung memantau pelaksanaan pemungutan suara ulang tersebut. Demikian juga dari KPU Provinsi Jatim.

Pada pencoblosan  27 Juni 2018, di TPS 4 Desa Susuh Bango tersebut, pasangan calon nomor urut satu, yaitu Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak mencapai 179 pemilih, dan hasil untuk pasangan calon nomor urut dua, Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno mencapai 147 pemilih.

DPT di TPS tersebut tercatat adalah 471 pemilih dan ATB (pemilih tambahan) enam orang. Suara sah mencapai 326, suara tidak sah 12 suara.
 

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID