Home » Peristiwa » Nasional

Ada Indikasi Intervensi DPR dalam Pemeriksaan Setnov, Ini Penjelasan KPK

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah masih meninjau soal proses keluarnya surat dari DPR RI soal penundaan pemeriksaan terhadap Setya Novanyo. 

Terkait indikasi intervensi DPR terhadap proses pemeriksaan Setnov, menurut Febri, pihaknya akan mempelajari lebih dulu secara internal soal penerbitan surat itu. 

"Itu yang kita pelajari dan kita cermati lebih lanjut karena di surat tersebut dibunyikan beberapa informasi yang sebelumnya disebutkan oleh Saudara," katanya di kantor KPK, Rabu (13/9/2017).

Febri mengatakan, surat tersebut sudah diterima. Namun, Pimpinan KPK perlu mempelajari terlebih secara internal beriringan dengan proses penyidikan yang berjalan. 

"Karena kalau dibaca perihal suratnya itu aspirasi atau pengaduan masyarakat," jelasnya. 

Meskipun begitu, menurut Febri, bukan kapasitas dan domain KPK untuk menanggapi soal keluarnya surat itu. Baginya itu semua lebih tepat mengacu pada proses yang ada di DPR. 

"Bagaimana prosesnya sampai surat itu kekuar dan apakah itu keputusan bersama di DPR tentu itu bukan domain KPK untuk menanggapi," ucapnya. 

Febri mengatakan, KPK akan tetap menentukan sikap terkait dua hal, pertama proses hukum akan terus berjalan dengan menghormati proses praperadilan tersebut.

"Dan secara paralel penyidikan tetap kita lakukan, yang kedua surat yang kita terima ini tentu akan kita pelajari," tandasnya.

Penulis Henrikus Setya
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

kpkkorupsi ktp elektroniksetya novantodpr

loading...