logo rilis
Ustad Abdul Somad di Antara Kaum Takfiri dan Gerombolan Liberal
Kontributor
RILIS.ID
27 Desember 2017, 07:08 WIB
Ustad Abdul Somad di Antara Kaum Takfiri dan Gerombolan Liberal

Oleh Mukhlas Syarkun
Aktivis Nahdlatul Ulama (NU)

BELAKANGAN ini masyarakat kita dibuat resah oleh gerakan takfiri (menuduh kelompok lain kafir) yang dipelopori oleh kaum Wahabi dan kelompok lainnya. Sementara di sebelah muncul pemikiran dan gerakan yang yang mencoba mengimbangi gerakan takfiri tetapi dengan cara berfikir liberal. Celakanya, mereka mengisi ruang publik dan terlihat diberi angin oleh pemerintah.

Baca Juga

Maka terjadi benturan keras yang semakin mencemaskan dan menaikkan tensi kecurigaan, yang satu menuduh tidak toleran anti-NKRI dan anti-Pancasila,  yang satu nuduh balik sebagai jelmaan PKI, antek Amerika dan Syiah.

Namun, beruntung muncul Ustad Abdul Somad yang tiba-tiba namanya melejit karena dakwahnya dengan hujjah-hujjah-nya yang genuine, kaya dengan khazanah kitab-kitab turats, maka wajar mampu menghadang laju gerakan kaum radikal yang membawa paham wahabi dan takfiri.

Hal ini terbukti, narasi radikal yang didominasi kelompok paham takfiri yang sebelumnya menguasai ruang publik khususnya di media sosial kini tenggelam oleh argumentasi dan luasnya pengetahuan Ustad Abdul Somad.

Ternyata, Ustad Abdul Somad mampu menggabungkan antara intelektual, humor yang proporsional, tutur kata yang baik ditambah persepsi publik yang menilai bahwa beliau adalah sosok yang berintegritas. Dibandingkan dengan para penceramah lain  yang kebanyakan lebih bergaya selebriti.

Di sisi lain ustad Abdul Somad juga mampu mematahkan argumentasi pemikiran kaum liberal yang mempermainkan dalil agama atau mencari pembenaran bukan mencari kebenaran dan celakanya menjadi komoditas barang jualan.

Sesungguhnya secara tidak langsung Ustad Abdul Somad telah menjaga dan bahkan menyelamatkan NKRI dari pemikiran radikal yang berpotensi memecah belah umat dan  menghadang kaum liberal yang akan membawa bangsa ini sekuler bahkan anti agama. 

Sosok ustad Abdul Somad  menggambarkan khazanah Aswaja (ahlussunnah wal jamaah) sebagaimana diajarkan KH. Hasyim Asy'ari, yang menjadi penopang negara.


#opini
#ustad abdul somad
#abdul somad
#pancasila
#toleransi
#liberal
#anti toleransi
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)