logo rilis

UU MD3 Disahkan, Zulkifli: Bosnya Tetap Rakyat
Kontributor
Sukma Alam
14 Februari 2018, 11:02 WIB
UU MD3 Disahkan, Zulkifli: Bosnya Tetap Rakyat
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Bandung— DPR telah mengesahkan revisi UU MD3 yang mengandung pasal-pasal kontroversial. Salah satunya pengkritik DPR bisa diancam pidana.

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan memimta masyarakat tak perlu khawatir dengan UU tersebut. 

"Walaupun sudah disahkan saya kira masyarakat tidak usah ragu untuk mengkritik, mengkritisi parlemen, karena DPR wakil yang dipilih, bosnya tetap rakyat, rakyat merupakan pemilik kedaulatan yang paling tinggi, tapi dengan fakta yang benar," katanya di Bandung, Selasa (13/2) kemarin.

Ketua Umum PAN ini menambahkan, UU tersebut juga berdampak ketidakpercayaan pada masyarakat yang kini juga menjadi tantangan.

Seperti diketahui, DPR mengesahkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR dan DPD dan DPRD (RUU MD3), Senin (12/2) kemarin. UU MD3 memberikan kewenangan baru bagi Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Di pasal 122 huruf K, MKD bisa melaporkan setiap orang yang merendahkan anggota parlemen.

Dalam pasal 122 huruf K berbunyi MKD bertugas mengambil langkah hukum dan atau langkah lain terhadap orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)