logo rilis

Tips Tubuh Kebal di Musim Hujan
Kontributor
Ning Triasih
07 Februari 2018, 22:35 WIB
Tips Tubuh Kebal di Musim Hujan
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Menjaga kesehatan itu penting dan wajib hukumnya. Apalagi di musim hujan.

Pasalnya, saat musim hujan sistem kekebalan tubuh biasanya akan menurun, sehingga tubuh lebih rentan terserang penyakit.

Melansir dari Twitter resmi Kementerian Kesehatan RI @KemenkesRI, ada empat cara menjaga kesehatan di musim hujan, yakni sebagai berikut:

1. Jaga pola makan

Menjaga pola makan terlebih saat musim hujan sangatlah penting. Ingat, jangan lupa sarapan. Berdasarkan pedoman gizi kementerian Kesehatan RI, sarapan paling baik dilakukan antara bangun pagi sampai pukul 09.00. Ini berguna dalam memenuhi kebutuhan gizi harian. Untuk konsumsi sehari-hari, paling baik adalah daging, sayuran, makanan pokok, buah dan minum secukupnya.

2. Olahraga

Jaga pola makan saja belum cukup. Agar kondisi badan tetap prima di musim hujan, rajinlah olahraga. Ini adalah cara sederhana dan mudah, namun besar manfaatnya. Olahraga adalah salah satu cara menjaga sistem kekebalan tubuh. Paling tidak, dalam sehari sempatkan diri latihan atau olahraga ringan, seperti lari pagi atau bersepeda minimal 30 menit.

3. Tidur berkualitas

Menjaga kualitas tidur juga penting. Untuk anak usia 3-5 tahun, waktu tidur dalam sehari adalah 10-13 jam, remaja usia 14-17 tahun 8-10 jam, sedangkan dewasa usia 26-64 waktu tidurnya adalah 7-9 jam. Usahakan Anda fokus pada pola tidur ini.

4. Kelola stres

Terakhir, mengelola stres. Salah satu cara terbaik dalam mengelola stres atau menenangkan diri adalah dengan relaksasi. Cara ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan apa pun, mulai dari suara, bau, atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)