logo rilis
Terduga Penyiksa TKI Hingga Tewas Terancam Hukuman Mati
Kontributor
Syahrain F.
12 Februari 2018, 13:39 WIB
Terduga Penyiksa TKI Hingga Tewas Terancam Hukuman Mati
Foto Adelina ketika ditemukan dalam kondisi sangat lemah di rumah majikannya, di Bukit Mertajam, pada Sabtu kemarin. FOTO: The Star

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal menginformasikan perkembangan terbaru mengenai seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diduga meninggal disiksa majikannya pada pekan lalu.

Dari keterangannya, Kepolisian Malaysia mengetahui kejadian itu pada Sabtu, 10 Februari. Korban yang diketahui bernama Adelina (21) itu pertama kali dibawa ke kepolisian.

"Dari kepolisian baru dibawa ke rumah sakit Bukit Mertajam. Ketika KJRI datang (Adelina) sudah meninggal," kata Iqbal di Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Senin (12/2/2018).

Iqbal menerangkan, saat ini keluarga dari majikan korban menjadi terduga kuat pelaku penyiksaan. Dua orang telah ditahan Kepolisian Malaysia. Namun, penyelidikan telah dimulai dari hari ini.

"Bukan majikan langsung (pelakunya). Tetapi majikan tetap ditahan. Yang ditahan itu kakak-beradik," tutur Iqbal.

Terduga pelaku terancam dikenakan pasal 302 KUHP Malaysia tentang pembunuhan berencana. Apabila terbukti, terduga pelaku akan menghadapi ancaman hukuman mati.

Adelina merupakan TKI asal NTT yang pernah keluar-masuk bekerja di Malaysia. 

Diberitakan Strait Times, sebelum akhirnya meninggal, Adelina mendapat perlakuan tidak manusiawi dari majikannya. Dari foto yang beredar, nampak Adelina tidur di luar rumah di samping seekor anjing Rottweiler.

Berdasarkan keterangan tetangga, kondisi itu dialaminya sejak sebulan lalu. Adelina dikabarkan meninggal ketika berada di rumah sakit.


500
komentar (0)