logo rilis
Tanpa Dokumen, Bea Cukai Jambi Amankan Ribuan Botol Miras 
Kontributor
Kurniati
13 Februari 2018, 19:00 WIB
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jambi— Ribuan botol minuman keras (miras) berbagai merek tanpa dokumen resmi, diamankan oleh Bea dan Cukai Jambi.

Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Duki Rusnandi penangkapan itu dilakukan anggotanya pada Sabtu, 10 Februari 2018, sekitar pukul 04.57 WIB di Simpang Medung, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Dalam kasus itu, penyidik Bea Cukai Jambi juga mengamankan satu unit mobil truk yang dikemudikan oleh dua orang berinisial EM dan RS yang didalamnya bermuatan lebih kurang 200 koli atau 4.530 botol miras tanpa pita cukai (poles) dengan potensi kerugian negara sekitar Rp456.894.600.

"Kegiatan penindakan itu berkat koordinasi antara Bea Cukai Jambi, Kanwil DJBC Sumatera Bagian Timur, Kanwil DJBC Riau serta Kantor Bea Cukai Tembilahan," kata Duki Rusnandi di Jambi, Selasa (13/2/2018).

Adapun penindakan itu berawal dari informasi yang didapat oleh tim penindakan dan penyidikan Bea Cukai Jambi, yang menyatakan akan ada kegiatan pemuatan dan pengangkutan barang ilegal berupa minuman mengandung etil alkohol dengan menggunakan truk.

Kemudian Bea Cukai Jambi membentuk dua tim. Pada Pukul 14.00 WlB, tim pertama ditugaskan untuk menuju pos yang telah disiapkan untuk melakukan pemantauan.

Pada pukul 18.00 WIB tim kedua melakukan penyisiran ke lokasi yang telah ditentukan untuk mencari target operasi dan pada Sabtu, 10 Februari 2018 pukul 04.00 WIB, tim penindakan dan penyidikan Bea Cukai Jambi melakukan penindakan terhadap truk yang bergerak dari arah Selensen, Provinsi Riau.

Setelah dilakukan pemeriksaan, truk tersebut kedapatan membawa barang kena cukai berupa MMEA yang tidak dilekati pita cukai (polos), ditumpuk bersama bahan pangan berupa minyak sayur kemasan di dalam kardus.

Tim langsung melakukan penindakan terhadap mobil truk tersebut dengan melakukan penyegelan dan selanjutnya truk beserta dua pengemudi dibawa ka Kantor Bea Cukai Jambi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
 

Sumber: ANTARA

Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)