logo rilis
TKI yang Tewas di Malaysia Dapat Kompensasi
Kontributor
Taufiqurrohman
14 Februari 2018, 19:10 WIB
TKI yang Tewas di Malaysia Dapat Kompensasi

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, mengatakan pihaknya telah mendapatkan kompensasi yang akan diberikan kepada keluarga dari korban Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Adelina Lisao yang tewas di Malaysia.

Retno menuturkan, salah satu tim dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, sudah bertemu dengan agen yang mendatangkan Adelina dan mengurus masalah kompensasi yang harus dibayarkan oleh agen.

"Jadi uang kompensasi itu sudah ada di kita. Jadi sekarang kita tinggal menunggu hasil postmortem, dari postmortem itu kemudian akan menentukan kapan jenazah akan dikembalikan, kemudian yang ketiga adalah mengenai masalah persidangan itu sendiri," kata Retno usai membuka lokakarya Indonesia-Filipina tentang Kerja Sama Pendidikan Islam di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Sebelumnya, Retno mengatakan pihaknya terus mendalami kasus tewasnya Adelina asal Nusa Tenggara Timur. Dia menegaskan, Pemerintah RI dipastikan akan melakukan pendampingan hukum.

"Dalam arti kasusnya itu akan kita ikuti terus sehingga tidak ada hak hukum dari warga negara kita yang terkurangkan," tuturnya.

KJRI akan mengawal proses hukum dan memastikan hak-hak Adelia akan terpenuhi, temasuk dalam hal ini, hak atas kompensasi atau disebut remedial justice.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa otoritas Malaysia sudah bergerak dan bahkan Chief Minister Penang sudah menyampaikan surat duka cita pada pagi kemarin, Selasa (12/2).

"Saya pastikan adalah bahwa kita bergerak, kita ingin memastikan hak-hak hukumnya termasuk kompensasi dan sebagainya. Kita akan kawal masalah ini secara optimal. Karena apa yang menimpa saudara kita itu betul-betul sesuatu yang tidak bisa kita terima. Sudah betul-betul 'something' yang luar biasa," ujarnya menegaskan.

Pejabat Konsuler Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, Neni Kurniati menegaskan, pembantu warga negara Indonesia yang meninggal setelah disiksa oleh majikannya, Adelina (26), telah bekerja dengan majikannya sejak Desember 2014.

Adelina dilaporkan meninggal pada Minggu (11/2) di rumah sakit dan majikannya kini sedang diselidiki atas dugaan pembunuhan terhadapnya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)