logo rilis

Sosok di Balik Hari Valentine
Kontributor
Ning Triasih
12 Februari 2018, 16:55 WIB
Sosok di Balik Hari Valentine
Hari Valentine. ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Hampir semua orang di dunia tak terkecuali Indonesia tahu Hari Valentine atau Valentine's Day. Bahkan, tak sedikit dari mereka merayakan hari kasih sayang pada 14 Februari tersebut.

Tapi tahukah Anda siapa sosok di balik momen yang identik dengan bunga dan warna pink itu?

Sepertinya tak banyak orang tahu jika Hari Valentine diambil dari nama seseorang bernama Santo Valentinus atau St. Valentine.

Namun, sosoknya masih dipertanyakan, apakah ia nyata atau hanya legenda. Namun, ia diakui oleh Gereja Khatolik Roma.

Sebagaimana diakui Gereja Roma Katholik, St. Valentine memang seseorang yang meninggal sekitar tahun 270 Masehi. Sayangnya, pada 496 Masehi, sosoknya dipertanyakan oleh Paus Gelasius I yang berpendapat bahwa sang martir dan tindak-tanduknya "hanya diketahui oleh Tuhan".

Sementara itu, Menurut Ensiklopedia Katolik dilansir Wikipedia, Valentinus adalah salah satu dari tiga orang martir yang hidup pada akhir abad ke-3 semasa pemerintahan Kaisar Claudius II.

Seperti dikutip dari History, Valentinus digambarkan sebagai pendeta kuil yang dipenggal dekat Roma oleh Kaisar Claudius. Meski namanya terdaftar dalam deretan orang-orang kudus yang diakui secara resmi, tapi tak ada yang tahu jelas identitasnya.

Ada tengkorak Valentine di Roma

Tengkorak Valentinus atau St. Valentine dipajang di Basilika Santa Maria di Cosmedin, Roma. Di awal 1800-an, penggalian gua makam dekat Roma menyingkapkan adanya peninggalan kerangka dan benda-benda lain. Banyak orang mengaitkan kerangka tersebut sebagi sosok St. Valentine.

Anda juga akan menemukan potongan-potongan lain dari kerangka St Valentine dipajang di Republik Ceko, Irlandia, Skotlandia dan Prancis.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)