logo rilis
Soal Vladimir Putin, Jokowi Diminta Respons Secara Positif
Kontributor
Ainul Ghurri
31 Maret 2018, 15:24 WIB
Soal Vladimir Putin, Jokowi Diminta Respons Secara Positif
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, kembali melontarkan pernyataan pedas di media sosial. Fadli menyebutkan, bila tanah air ini mau bangkit, Indonesia butuh pemimpin seperti Vladimir Putin yang tegas dan tidak banyak berhutang.

Direktur Indonesian Political Review (IPR), Ujang Komarudin, menilai kritikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu sebaiknya justru direspons secara positif oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Indonesia memang butuh karakter seperti Putin yang bisa membangun kemandirian bangsa.

"Katakan begini, sistem demokrasi yang kita anut sekarang, ini negara seolah-olah tidak hadir dalam konteks mensejahterakan rakyat, politik juga makin amburadul. Artinya, kritik tersebut harus dimaknai secara positif, memang yang dibutuhkan bangsa Indonesia pemimpin yang tegas," kata Ujang saat berbincang dengan rilis.id, Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia itu menilai, bila Presiden Jokowi tidak tegas, maka Indonesia akan berjalan mundur dan sulit bersaing dengan negara-negara maju.

"Artinya begini, utang terus menumpuk, rakyat juga banyak yang miskin, jadi memang dibutuhkan pemimpin yang mampu membawa bangsa untuk melakukan perubahan yang cepat," ujarnya.

Ujang menjelaskan, sosok Vladimir Putin memang mampu membentuk karakter negaranya, di mana Rusia bisa mengelola sumber daya secara mandiri. Sebab, secara politik, Putin bisa mengkondisikan negaranya dengan stabil, jarang sekali ada gejolak dari bangsanya sendiri.

"Tentu Rusia itu kan pahamnya otoriter, jadi artinya karakter otoriter itu (Putin) memang membentuk negara tidak ada kebebasan, tidak ada demokrasi, tapi negara itu bisa dikelola dengan baik dari sisi positifnya. Jadi artinya apa, karakter pemimpin yang tegas itu bisa mengkondisikan rakyatnya. Bukan sistem negaranya yang otoriter," bebernya.

Sebelumnya, Fadli Zon melalui akun Twitter-nya @fadlizon mencuit, Indonesia membutuhkan pemimpin Rusia seperti Vladimir Putin.

“Kalau ingin bangkit dan jaya, RI butuh pemimpin seperti Vladimir Putin. Berani, visioner, cerdas, berwibawa, enggak banyak ngutang, enggak planga plongo,” tulis Fadli Zon di akun @fadlizon.

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID